Waktu Untuk Panen Ikan Nila

Panen merupakan saat yang sangat dinantikan oleh petani ikan nila. Pasalnya, petani berharap bisa mendapatkan untung dari budi daya ikan nila ini. Waktun pemanenan pada setiap sistem budidaya tidak pernah sama. Waktu panen biasanya tergantung dari permintaan pasar. Waktu panen ikan nila untuk pasar lokal dan waktu panen untuk keperluan Ekspor atau industri tentu berbeda.

panen ikan nila

panen raya ikan nila

Sistem budidaya ikan nila di kolam tambak merupakan sistem budidaya yang waktu panennya paling cepat. Ikan nila di kolam air tawar membutuhkan waktu sekitar 6-7 bulan untuk mencapai berat 600 gram. Sementara itu, pemeliharaan ditambak hanya memerlukan 4-5 bulan. Hal ini dapat terjadi diduga karena kolam tambak (perairan air payau) kaya akan plankton. Pasalnya, air payau merupakan pertemuan antara air sungai dan laut sehingga banyak mengandung plankton dan garam mineral. Waktu panen ikan nila di tambak air payau sekitar 4 bulan dan menghasilkan ikan nila dengan bobot 500 gram/ekornya. Umumnya, ukuran tersebut merupakan standar ikan nila ekspor dan permintaan pasar untuk konsumsi restoran atau rumah makan. Selain itu, hasil panen tersebut dapat digunakan sebagai bahan baku fillet. Pasalnya, bahan baku fillet biasanya mensyaratkan ikan nila dengan ukuran lebih dari 500 gram/ekornya. Saat ini ditulis, harga ikan nila di tingkat petani dengan ukuran 500 gram per ekor di Kedungombo adalah Rp13.500-14.500 per kg.

Sementara itu, ikan nila yang dipelihara diperairan air tawar, untuk mencapai bobot 500 gram per ekor dibutuhkan waktu pemeliharaan hingga 4-6 bulan. pakan dan kondisi air yang memiliki kualitas bagus mempercepat masa panen.

Umumnya, perkembangan ikna nila yang dipelihara diperairan air tawar (kolam air deras, kolam air tenang, dan karamba jaring apung)selama 3 bulan akan menghasilkan bobot ikan 300 gram per ekor. Selebihnya, jika selama 4 bulan akan menghasilkan bobot 400 gram. setelah pemeliharaan 5 bulan, beratnya menjadi 500 gram per ekor.

b. Cara Panen

Pemanenan di kolam air deras dan kolam air tenang di lakukan dengan membuka saluran pembuangan air dan menutup atau menghentikansaluran pemasukan air ke kolam. setelah air kering, biasanya ikan nila akan terkumpul di kamalir atau selokan. Lakukan panen ikan nila sesuai grade atau sesuai keinginan konsumen. Jika ada ikan yang ukurannya tidak sesuai, biarkan dan pelihara kembali. selain dengan cara pengeringan, pemanenan ikan di kolam bisa juga dilakukan dengan penjaringan menggunakan jala atau jaring.

Sementara itu, cara panen ikan nila di KJA dilakukan dengan mengangatjaring pada karamba, lalu mengambilnya denga serokan atau jala.Setelah ikan nila di panen, terdapat berbagai cara perlakuan dan pendahuluan sesuai keinginan. Ada yang di bersihkan sisik dan isi perutnya untuk di bekukan. selain itu, ada juga yang harus tetap dalam kondisi hidup untuk di jual ke restoran atau kebutuhan industri.

B. Pengangkutan

a. Perlakuan Sebelum Pengangkutan

berdasarkan kebutuhan industri, misalnya industri fillet ikan, biasanya meminta ikan nila dalam kondisi hidup hingga sampai di gudangatau pabrik pengolahan ikan. pengangkutanikan dalam kondisi hidup inidapat di lakukan menggunakan bantuan plastik packingatau drum plastik dengan menambahkan oksigen.

Sebelum di lakukan pengirima jarak jauh, untuk mencegah resiko ikan mati dalam perjalanan, maka ikan nila perlu di puaskan atau di berok. Hal inidimasudkan agar selama dalam perjalanan ikan tidak banyak membuang kotoran yang bisa menyebabkan keracunan. pemberokan dilakukan cara tidak memberikan pakan selama satu hari(satu hari sebelum panen).

b. Penggunaan Wadah

Petani ikan di Kedungombo, DIY biasanya melayani permintaan ikan dalam kondisi hidup. Bahkan mereka mampu mengirimkan ikan nila dalam kondisi hidup sampai ke Jakarta. Waktu perjalanan ke Jakarta dari Kedungombo biasanya mencapai 12 jam.

Untuk menyiasatinya, wadah atau tempat pengiriman yang digunakan berupa drum plastik atau styrofoam. Drum plastik yang digunakan biasanya memiliki volume 200 liter, sedangkan styrofoam untuk mengemas bervolume satu kubik.

Sementara itu, untuk kebutuhan pengiriman ikan beku atau ikan yang sudah dibersihkkan sisik dan isi perut biasanya menggunakan styrofoam yang telah diisi es batu. Tujuannya, untuk menjaga suhu ikan agar tetap dingin sehingga ikan tidak rusak selama perjalanan.

c. Perlakuan Selama Pengangkutan

Khusus untuk pengangkutan ikan nila dalam kondisi hidup menggunakan boks styrofoam dan drum plastik, petani biasanya membawa tabung oksigen selama perjalanan. Masing-masing boks styrofoam atau drum plastik ini selama perjalanan dialiri oksigen hingga tempat tujuan menggunakan slang kecil seperti yang dipakai untuk aerasi pada ikan hias di akuarium.

Berdasarkan petani, boks styrofoam berukuran satu kubik mampu diisi ikan sebanyak 30 kg dan diperlukan dua tabung oksigen dengan ukuran 4.000 psi selama perjalanan dari Kedungombo ke Jakarta.

d. Sarana Angkutan

Idealnya, angkutan untuk pengiriman ikan nila dalam kondisi hidup adalah mobil bak terbuka. Selain itu, untuk pengiriman ke luar oulau bisa menggunakan kargo pesawat terbang. Tetapi ongkosnya relatif mahal.

Selama perjalanan, sopir memegang peranan yang sangat penting. Sopir harus dapat mengendalikan l

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

7 thoughts on “Waktu Untuk Panen Ikan Nila

  1. Mas Anto

    bobby

    Pak anto,

    Salam kenal..saya bobby dari bekasi, mau tanya ttg bibit ikan.
    Saya mau panen 3 atau 4 bln sekali..kira2 ukuran brp saya mesti cari bibit?lalu apa bapak sedia bibit smua jenis ikan air tawar?
    saya rencananya gurame atau nila.
    trims atas jawabannya.

    Salam,
    Bobby
    Peternak baru

    Reply
  2. Mas Anto

    Andry Yoga

    Assalamualaikum Mas Anto,

    Saya tinggal di Bekasi, saya berencana kedepan membuat usaha kuliner khusus ikan Nila.
    bolehkan saya di berikan informasi mengenai pembelian ikan nila:
    1. Berapakah Harga Ikan Nila perkilonya sampai ke Bekasi Barat?
    2. Berapakah Minimal pemesanan/pengiriman sampai ke Bekasi Barat?
    3. Apakah Mas Anto bisa menyediakan ikan Nila dengan ukuran 1 kg / 4-5 ekor ?

    terima kasih banyak, informasi mas Anto sangat saya harapkan.
    Wassalam
    Andry

    Reply
    1. Mas Anto

      Anonymous

      Mas andry kl blh dayat mnt no hp nya brp ? Brngkali nti sy bs mensuplay nya

      Reply
  3. Mas Anto

    edi

    Assalamualaikum Mas Anto, Saya Edi dari Kebumen. Boleh Saya belajar budidaya ikan dari Mas Anto? Kebetulan Saya kuliah di Jogja hingga beberapa tahun kedepan, dan Saya juga memelihara gurame di rumah. Saya ingin mengembangkanya tapi pengalaman masih sangat sedikit. Jika Mas Anto berkenan untuk berbagi ilmu bisa sms atau telpon Saya. 087739395201
    Terimakasih

    Reply
      1. Mas Anto

        Andri

        Saya ad banyak .bingung mauu pasarkan ke mana ada yang mau ?
        082392007367 wa

        Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.