Vaksinasi Dan Aplikasi Untuk Ikan Lele

1. Perendaman
Perendaman dilakukan selama 15-30 menit dalam larutan vaksin sesuai dosis yang dianjurkan sekitar 1 ml vaksin per 10 liter air, atau 100 ml per 1m3 air untuk sekitar 20.000 – 25.000 ekor benih lele. Air rendaman dapat dipergunakan 1 kali lagi untuk jumlah benih yang sama. Pergunakan Aerator sangat diperlukan selama proses perendaman. Cara ini efektif untuk benih lele.

2. Melalui Pakan
Cara ini cocok untuk lele yang sudah dipelihara di kolam pembesaran / pendederan. Dosis 2-3 ml/kg pakan. Vaksin diencerkan dulu dengan air lalu disemprotkan kedalam pakan, diberikan selama 5-7 hari berturut-turut.

3. Melalui Suntikan
Cara ini cocok untuk induk ikan lele yang jumlahnya tidak terlalu banyak. Dosis 0,1-0,2ml/kg bobot ikan.

Aplikasi vaksinasi ikan lele

Jenis vaksin untuk aeromonas
Di pasaran saat ini sudah tersedia vaksin untuk kekebalan terhadap bakteri Aeromonas yaitu : CAPRIVAC AERO produksi Sanbe. Silahkan hubungi perwakilan dari Sanbe atau toko-toko perikanan untuk mendapatkan vaksin tersebut.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.