Tips Membawa Ikan Hidup Jarak Jauh

Diposkan oleh : / On Budidaya

Pengetahuan tata cara pengangkutan ikan untuk di bawa ke tempat lain memang sangat penting dalam budidaya ikan. Karena ini menyangkut hal jual beli dll, pengangkutan pun tidak sembarangan, perlu di ketahui sebelum pengakutan ada yang harus di ketahui seperti, suhu air, ketahanan ikan, kondisi ikan serta kualitas air. Di bawah ini kita coba jelaskan sedikit Tips Membawa Ikan Hidup Jarak Jauh.

Faktor yang utama dalam keselamatan ikan yang kita bawa adalah kondisi ikan itu sendiri, menjadi percuma semua persiapan & antisipasi yang kita lakukan jika ikan yang akan kita bawa sudah dalam keadaan tidak sehat atau fit, beberapa hal yang mempengaruhi kondisi kesehatan ikan lele

  • Ikan tidak muntah karena diberi makan sebelum dipanen.
  • Persiapan oksigen harus di sisakan atau bawa cadangan.
  • Persiapan muat jangan terlalu lama.
  • Dan usahakan mobil pengangkut dekat dengan lokasi budidaya.

Membawa ikan (nila, gurami, lele dll) untuk kebutuhan ekonomis secara ideal adalah untuk perjalanan maksimal 6 jam, jika perjalanan lebih lama dari 6 jam masih memungkinkan untuk dilakukan tetapi mejadi tidak ekonomis, semakin lama perjalanan yang dilakukan kepadatan maksimal yang disarankan semakin minimal sehingga secara biaya menjadi tidak ekonomis. Untuk perjalanan maksimal 6 jam perbandingan antara jumlah ikan yang dimuat dan air adalah 1 : 1, untuk menghitung kapasitas mobil yang dibutuhkan adalah dengan menjumlahkan berat ikan dan air yang dibawa, sebagai contoh mobil Mitsubishi T120 dengan kapasitas maksimal 1.200 Kg, maka ikan(lele) maksimal yang bias dimuat adalah 600 Kg ditambah berat air 600 Kg.

 Persiapan kendaraan dan perlengkapan

Kendaraan yang disarankan untuk membawa ikan adalah mobil terbuka, dengan menggunakan mobil terbuka lebih dimungkinkan untuk mengatur suhu air saat dibawa, ikan akan lebih cepat kolaps dan mati jika suhu air tinggi, baik karena udara panas maupun kepadatan yang berlebihan.
Mobil terbuka pada umumnya tidaklah memiliki bak yang dapat menahan air (merembes) sehingga dibutuhkan alas yang dapat menahan air, alas yang dimaksud adalah terpal, selain, menggunakan terpal ikan juga dapat dibawa dengan wadah (blong) tetapi hal ini tidak dimungkinkan untuk membawa ikan dalam jumlah banyak, ikan sangat membutuhkan udara dengan mengambil nafas kepermukaan air, pada kondisi didalam Blong yang tinggi, ikan akan mengumpul ditengah blong dan sangat sulit untuk mengambil nafas.

Pengisian Air

Setelah dipastikan bahwa kondisi mobil telah siap untuk diisi air, masukkan air kedalam bak mobil setinggi sepertiga (1/3) dari tinggi terpal, hal ini dengan perhitungan sepertiga untuk air, sepertiga untuk ikan yang akan dimuat dan sepertiga adalah area bebas untuk mengantisipasi goncangan-goncangan yang terjadi selama perjalanan, air yang disarankan adalah air yang memiliki kadar oksigen tinggi, misalnya air dari tandon yang telah didiamkan minimal satu hari, jika memang tidak memungkinkan dapat digunakan air dari sumur, PDAM atau sungai yang sudah dipastikan tidak mengandung racun, dapat juga diisikan air dari kolam/empang ikan yang akan dimuat sebanyak sepertiga dari jumlah air untuk memudahkan adaptasi ikan yang dibawa.

Lama Tunggu Ikan

Ikan Yang akan di muat adalah ikan yang sudah diurutkan untuk kondisi kesehatan dan ukuran yang diinginkan, hal ini tidak dianjurkan untuk dilakukan pada mobil atau pencampuran bak ikan semacam keadaan (sudah lemah) dengan ikan yang masih sehat. Proses penyortiran cepat menyebabkan lebih banyak stres yang menyebabkan kematian tinggi. Dibutuhkan staf yang cukup dalam proses pengisian ke waktu dalam kondisi kering meminimalkan ikan tanpa air, ketika menimbang ikan dari kolam, dan beban pada kendaraan, selain memastikan bahwa ikan tidak “Ke banting” ketika dimuat, kebutuhan personil yang menerima ikan pada mobil dan hati-hati dimasukkan ke dalam bak mobil.

Finishing

Kegiatan fisnishing perlu dilakukan secara baik sebab banyak faktor yang dapat menyebabkan kegagalan sehingga menimbulkan kerugian yang besar, kegiatan finishing yang dimaksud adalah memberikan penutup pada bak mobil dan pengecekan akhir sebelum dilakukan perjalanan. Penutupan bak mobil harus dilakukan untuk mengamankan ikan selama perjalan, menghindari adanya pencurian selama perjalanan, mencegah keluarnya ikan (melompat) serta memastikan goncangan yang terjadi selama perjalanan tidak menyebabkan ikan terjatuh, yang perlu diperhatikan saat memberikan penutup adalah adanya okseigen yang ada didalam bak harus bisa maksimal, sebab karakteristik ikan lele lebih membutuhkan udara dibandingkan air dalam jumlah banyak, penutup bisa dibuat dari papan yang mudah dibuka dan tutup atau dengan menggunakan jaring yang lebar. Tips terakhir adalah dengan memberikan minyak kelapa 2-3 sendok makan ke air untuk menghilangkan buih yang ditimbulkan karena ikan dalam kondisi stress.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

4 thoughts on “Tips Membawa Ikan Hidup Jarak Jauh

  1. Mas Anto

    EKLOPAS FRIDUS SERAN

    Selamat malam bpk saya ada mau tanya ini bagaimana cara mentransportasi ikan dengan tidak menggunakan oksigen dan ikan itu tifak mati lebih dari 8 jam

    Saya mahasiswa semester lima fari campus POLITEKNIK PER
    TANIAN MEHERI KUPANG
    Program studi perikanan

    Reply
  2. Mas Anto

    zaskia

    malm pak,sy mau nanya bagaimana cara efektip membawa ikan nila induk (500g-2000g) hidup2,perjalanan 3jam

    Reply
  3. Mas Anto

    Andi mallarangang

    Mas, kalo bawa lele 3000 ekor perjalanan 6 jam baiknya pake apa?

    Reply
  4. Mas Anto

    izul

    mas barangkali butuh bibit ikan dewa, saya siap bantu sediain bibit ukuran 2-3 cm
    wa.081539845316

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.