Tentang Pembesaran Bawal Air Tawar

Kegiatan pembesaran (fattening) dilakukan untuk menghasilkan BAT ukuran konsumsi atau ukuran pasar (marketable size). Umumnya BAT diproduksi dengan berat 300—500 g/ekor sebagai ikan konsumsi yang dipasarkan mulai dan pasar tradisional hingga supermarket mewah. Untuk menghasilkan BAT berukuran 300—400 g/ekor, dibutuhkan waktu pemeliharaan 3—4 bulan dengan menebar benih ukuran 5—8 cm. Sedangkan untuk menghasilkan ikan berukuran 400—500 g/ekor dibutuhkan waktu pemeliharaan 4—5 bulan.

Benih yang digunakan untuk kegiatan pembesaran di kolam terpal harus benih berukuran panjang 5—8 cm atau berat 20—25 g/ekor. Padat penebaran di kolam terpal antara 50—70 ekor/m2. Selama pemeliharaan, BAT diberi pakan berupa pelet sebanyak 3 % bobot ikan per hari. Pakan yang diberikan mengandung protein antara 25—27 %. Pakan diberikan 3 kali sehari, yaitu pagi, siang, dan sore hari. BAT juga dapat diberi pakan tambahan berupa nasi sisa, roti kering sisa, dan lain-lain.

Agar ikan kebal terhadap serangan penyakit, berikan vitamin C dosis 250—500 mg/kg berat tubuh selama beberapa hari. Atau, berikan probiotik sebagai imunostimulan misalnya lipo polisakarida 10 mg/i untuk mempertahankan stamina ikan. Penggunaan vitamin dan probiotik telah umum digunakan untuk budi daya ikan dan udang, khususnya untuk meningkatkan kekebalan.

Sebagaimana pendederan, kolam terpal pada pembesaran juga harus dijaga kebersihannya, agar tidak menjadi sarang penyakit. Sisa pakan dan kotoran ikan di dasar kolam harus secara rutin dibersihkan dengan melakukan penyiponan setiap 15-20 hari. Tujuannya agar dasar kolam tidak mengandung bahan-bahan berbahaya bagi ikan budi daya.

Pembesaran Ikan Bawal

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

One thought on “Tentang Pembesaran Bawal Air Tawar

  1. Mas Anto

    wahyu

    Selain pelet atau daun daun.. untuk mempercepat pertumbuhan ikan bawal apa..? supaya bisa menekan biaya pakan dengan hasil keuntungan yg tinggi.. trimakasih

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.