Tambak Ikan Nila

Saat ini, ikan nila juga mulai banyak dubudidayakan ditambak air payau dipesisir pantai. Tidak hanya di Pulau Jawa, pemeliharaan ikan nila ditambak ini banyak dilakukan di Sulawesi, Kalimantan dan Sumatera.

Petani yang memelihara ditambak biasanya tidak membuat tambak baru untuk budidaya ikan nila, tetapi memanfaatkan tambak bebas pemeliharaan udang atau bandeng. Maraknya memanfaatkan tambak air payau untuk budidaya nila mulai nulai banyak dilakukan setelah bisnis budidaya udang dan bandeng mengalami banyak kerugian. Awalnya, petani menganggap ikan nila liar yang masuk ke dalam tambak sebagai hama dan memakan anakan bandeng dan udang. Namun, sekarang mereka mulai melirik ikan nila sebagai komoditas utama budidaya untuk menggantikan bandeng dan udang.

Keunggulan budi daya ikan nila ditambak air payau berdasarkan uji coba yakni pertumbuhan ikan nila ditambak air payau lebih cepat dibandingkan dengan ikan nila yang dipelihara d iair tawar. Berat ikan nila yang dibudidayakan ditambak air payau dengan pemeliharaan intensif pada umur 2-3 bulan dapat mencapai 200  gram/ekor dengan ukuran 5-8 cm. Sementara itu, untuk mencapai berat yang sama, pemeliharaan ikan nila dikolam atau danau air tawar membutuhkan waktu sekitar 4 bulan.

Sementara itu, kelemahan pemeliharaan ikan nila ditambak air payau adalah risiko kadar garam air tambak yang terlampau tinggi. Jika kadar garamnya terlalu tinggi (lebih dari 25 ppm), ikan nila rentan terkena penyakit hot spot.

  • Ikan nila hasil budidaya ditambak air payau memiliki citarasa daging yang gurih, kenyal, dan tidak berbau lumpur sehingga sangat potensial untuk digunakan sebagai bahan baku industri olahan.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.