Syarat Pengobatan Ikan Cupang

Diposkan oleh : / On Cupang

Secara umum untuk melakukan pengobatan terhadap ikan ynag belum parah, alangkah baiknya pengobatan dilaksanakan secara bertahap. Ambil satu ekor ikan yang paling lemah untuk mengetahui efek dari obat dan toleransi ikan terhadap obat. Cara pengobatan yang paling baik ialah ikan yang sakit dimandikan dalam kolam karantina dalam tempo satu hari. Dengan demikian dapat diketahui, apakah obat-obatan itu bereaksi melawan bakteri pada ikan atau merusak organisme lain yang ada di dalam air.

Pengobatan dengan memandikan ikan dengan larutan tertentu bisa dilakukan dalam hitungan detik, menit atau jam, di dalam tempat yang kecil dengan volume air yang akurat. Cara ini digunakan untuk obat-obatan dosis tinggi. Gunakan alat-alat ukur, seperti timbangan dengan skala 0,5-50 gram, pipet dan gelas ukur untuk mengukur volume air dan memperoleh dosis sesuai anjuran. Berikut bebrapa hal yang harus diperhatikan sebelum pengaplikasian obat-obatan.

a.   Target atau Sasaran

Dalam budidaya ikan ada bermacam-macam sasaran yang ingin dicapai dari aplikasi obat-obatan, misalnya menekan bakteri patogen, membunuh carrier dan memperbaiki kualitas air. Berdasarkan target yang ingin dicapai tersebut bisa ditentukan jenis bahan kimia atau obat-obatan yang akan digunakan, konsentrasi, dan metode aplikasinya. Hal-hal yang perlu diperhitungkan adalah kondisi ikan, kondisi akuarium dan kondisi cuaca saat tindakan antisipasi terhadap kontra indikasi yang ditimbulkan, sehingga pengobatan akan mengenai sasaran.

b.  Volume Air

Volume air harus diperhitungkan secara tepat karena berhubungan dengan penentuan konsentrasi bahan kimia yang digunakan.

c. Konsentrasi Obat

Konsentrasi yang dibutuhkan untuk membunuh virus ditentukan oleh perhitungan yang tepat pada batas aman (safety level). Batas aman ini harus diketahui sebelum aplikasi, sesuai dengan kondisi dan ukuran ikan.

d.  Metode Aplikasi

Metode aplikasi yang dipilih harus paling efisien berdasarkan target, sifat bahan kimia, peralatan yang dipakai dan tenaga pelaksana.

e.  Kondisi Ikan

Sebelum aplikasi bahan kimia, kondisi ikan juga harus diperhatikan, misalnya umur ikan dan kepadatan ikan.

f.   Kondisi Akuarium cupang

Sebelum aplikasi bahan kimia disarankan melakukan penyedotan atau penggantian air untuk mengurangi kandungan bahan organik. Pastikan kondisi akuarium atau bak tidak mengalami penumpukan bahan organik di dasarnya.

Syarat Pengobatan Ikan Cupang

g. Tindakan Antisipasi

Tindakan antisipasi perlu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat terjadi setelah aplikasi. Salah satu contoh tindakan antisipasi adalah menyediakan air yang cukup banyak dalam bak penampungan.

h. Pengaliran Air

Pengaliran air adalah salah satu upaya untuk menghilangkan senyawa beracun serta meningkatkan kandungan oksigen di dalam air sesuai dengan kebutuhan ikan. Pada air yang tidak bergerak, temperaturnya bisa berubah-ubah, baik pada siang maupun malam hari. Namun, pada air yang bergerak perubahan temperatur lebih konstan.

Penanganan ikan sakit dengan pengaliran air membuat ikan lebih sehat, karena air yang lebih bersih yang mampu menghambat perkembangan bakteri patogen. Pada akhirnya, gangguan penyakit dan penularan organisme penyakit dapat dibatasi atau dicegah.

i.  Perendaman cupang sakit

Pengobatan ikan sakit bisa dilakukan dengan cara merendam ikan dalam larutan kimia, seperti Kalium Permanganat (PK), Metheline Blue dan Malachine Green. Jika ikan yang sakit jumlahnya terlalu banyak, perendaman bisa dilakukan di dalam kolam pemeliharaan. Namun, bila jumlahnya sedikit bisa dilakukan dalam wadah khusus seperti akuarium karantina.

Pengobatan harus dilakukan dengan dosis sesuai anjuran, karena bila pemberian obat berlebihan, ikan bukannya sembuh malah mati. Perendaman ulang bisa dilakukan untuk memastikan organisme penyebab penyakit benar-benar mati. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat perendaman.

  • Tutup lubang pemasukan air agar tidak ada larutan obat keluar dari kolam.
  • Tentukan dosis pengobatan dengan perbandingan jumlah liter air.
  • Larutkan lebih dulu obat agar larutan benar-benar merata menyebar di kolam.

j.  Merawat Kebersihan Kolam pemeliharaan cupang

Air dalam kolam harus terawat kebersihannya. Kolam yang tercemar bahan beracun atau organisme penyebab penyakit pun harus dikuras dengan cara mengeluarkan air kolam serta memindahkan ikan ke tempat yang aman. Biarlah kolam terkena cahaya matahari selama 3-7 hari untuk menghilangkan racun serta membunuh bakteri dan mikroorganisme lainnya. Bila sudah bersih, isi kolam dengan air bersih yang sudah memenuhi syarat parameter air. Selanjutnya, ikan bisa dilepas kembali ke kolam yang berair bersih.

k. Cara Pengobatan

Ada dua cara pengobatan yang lazim dilakukan oleh peternak maupun peneliti, yakni pemberian obat melalui pakan dan penyuntikkan. Pemberian pakan bisa dijadikan media untuk pengaplikasian obat untuk ikan yang sakit. Pengobatan ini biasanya dilakukan pada tahap awal ikan terkena serangan penyakit, yakni saat nafsu makannya masih ada dan tubuhnya belum lemah. Pengobatan melalui pakan bertujuan untuk membunuh berbagai organisme penyakit serta memperkuat daya tahan tubuh ikan. Pengobatannya dilakukan dengan cara mencampurkan vitamin dan antibiotik, seperti Terramycin, Sulfadiazin atau Sulfamerazin ke dalam pakan. Biasanya, pengobatan ini membutuhkan waktu 7-10 hari dengan pemberian pakan yang terus-menerus. Umumnya, untuk membunuh berbagai bakteri, jamur dan parasit, pakan bisa dicampur dengan Sulfamerazin (1 g : 10 kg pakan), Terramycin cair (10 cc : 10 kg pakan) dan Sulfadiazin (55 g : 10 kg pakan).

Klik Di Sini Untuk Beli Ikan Cupang

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

One thought on “Syarat Pengobatan Ikan Cupang

Leave a Reply

Your email address will not be published.