Syarat Hidup Ikan Nila

Salah satu Syarat hidup ikan nila dan ke unggulan ikan nila yaitu sangat adaptif terhadap linkungan. Di indonesia, budidaya ikan nila banyak di jumpai di perairan payau. kolam air deras, sungai mengalir, waduk buatan, danau alami, dan persawahan. Selain itu, lokasi budidaya nila juga bisa di jumpai di pinggir pantai dan di daerah pegunungan hingga ketinggian 700meter dari permukaan laut. Ikan nila dapat berkembang optimal apabila lingkungan dan komponen telah memenuhi persyaratan, Berikut ini beberapa syarat hidup ikan nila:

  1. Suhu kolam yang masih bisa di tolerir ikan nila adalah 15-37′ derajat celcius. Suhu optimum untuk petumbuhan ikan adalah 25- 30’C. Sementara untuk pemijahan, suhu ideal untuk bisa menghasilkan telur dan larva berkisar 22-37’C.
  2. Ikan nila sebaiknya hidup di air dengan kadar oksigen terlarut lebih dari 3 PPM. jika kurang dari 3PPM, bisa menghambat laju pertumbuhan. Normalnya pertumbuhan ikan nila 4bulan mencapai 300-400 gram. Untuk menambah oksigen yang masuk biasanya dibuat saluran air.
  3. Derajat keasaman atau PH idealnya untuk pertumbuhan dan perkembangbiakan ikan nila adalah 7. Jika PH terlalu rendah atau asam bisa di netralisir dengan memberikan kapur. jika PH terlalu tinggi atau basa, perlu di berikan belerang dalam bentuk serbuk. di indonesia kebanyakan tanah bersifat asam sehingga belerang jarang di gunakan.Universal Indikatorpengecekan PH pada kolam ikan
  4. Ikan nila mampu tumbuh baik di perairan payau dengan kadar garam kurang dari 25 PPM. Jika kadar garam lebih dari 25 PPM pertumbuhan ikan nila akan terganggu sehingga menjadi lambat dan mudah terserang penyakit jenis hot spot.
  5. Tingkat kekeruhan kolam atau perairan untuk ikan nila juga berpengaruh terhadap pertumbuhan ikan nila. Tingkat kekeruhan bisa di ukur dengan keeping secci, tingkat kekeruhan yang baik dapat di lihat jarak pandang dari permukaan air ke ikan. Jarak pandang yang baik berkisar 30-40 CM dari permukaan air.
  6. Kondisi air harus terbebas dari pencemaran bahan kimia yang dapat mematikan plankton makanan khas ikan alami.
  7. Kandungan karbondioksida maksimum pada Syarat hidup ikan nila adalah 5 mg/liter.

Tutorial Syarat hidup ikan nila ini hanya sebatas dari pengamatan, ujicoba dan sebagai saran, kemungkinan ikan nila tidak selalu sama dan berbeda di perairan masing masing daerah.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.