Standar Kadar Air Untuk Ikan Cupang

Diposkan oleh : / On Cupang

Ikan cupang merupakan ikan hias yang cukup populer dan banyak pula di jadikan sebagai petarung. Untuk menjaga kesehatan, kesegaran, serta kesiapan cupang setiap waktu, perlu di lakukan pengontrolan air secara rutin. Hal ini wajib karena bila air mengalami penurunan kualitas otomatis ikan cupang yang ada di dalam juga akan mengalami gangguan.

Kandungan mineral air ikan cupang

Kualitas air biasanya di pengaruhi oleh pH, kesadahan (hardnes), kandungan nitrit atau nitrat, dan oksigen terlarut. Sumber air untuk ikan cupang aduan sangat beragam, diantaranya air tanah, air sungai, atau air ledeng (air PAM). Perlakuan untuk ketiga air ini tentu berbeda-beda, diantara nya yaitu :

  • Air sungai : perlu disaring dengan pasir, ijuk, atau zeolit (jika perlu), lalu ditampung dalam bak khusus dan diendapkan selama semalam.
  • Air ledeng sering mengandung klorin, biasanya di netralisir mrmggunakan kristal K2S2O3 (kalium tio sulfat) yang dilarutkan dalam 30 liter air. Selain diendapkan semalaman, air ledeng juga perlu diaerasi minimal selama 8 jam.
  • Air sumur sebaiknya diperlakukan seperti air sungai atau ledeng. Karena kandungan airnya harus diketahui, minimal kandungan oksigen terlarutnya cukup.

Dari manapun sumber airnya, pasti mengandung gas CO2 dan H2S, mineral serta koloid. Untuk itu air perlu diendapkan selama 24jam atau diaerasi selama 8 jam sebelum dipergunakan untuk cupang adu agar gas CO2 dan H2S menguap.

Kadar Air Untuk Ikan Cupang

1. Angka pH

Rumus kimia air adalah H2O yang pH (derajat keasaman) antara 1 – 14.
Angka pH 1 berarti sangat asam, angka pH 7 berarti netral, angka pH 14 berarti sangat basa.
Semakin banyak kandungan ion hidrogen, maka air semakin tinggi keasamannya dan semakin rendah pH-nya. Mengukur kadar pH dapat mempergunakan kertas lakmus, kertas pH, atau pH meter.
Mempergunakan kertas lakmus hanya dapat mengetahui apakah air tersebut asam atau basa. Tetapi angka pH-nya tidak terlihat. Maka dianjurkan menggunakan kertsa pH, karena kita akan mengetahui angka pH-nya.

2. Kandungan Nitrit

Sisa pakan cupang adu, kotoran ikan, tanaman mati dan lumut dapat berubah menjadi amoniak atau amonium.
Amoniak berubah menjadi nitrit (NO2). Populasi cupang adu yang terlalu banyak juga dapat menaikkan kadar nitrit.
Mengganti air dan aerasi akan menjaga kualitas air secara otomatis. Hal ini akan menjaga kadar nitrit dalam ambang toleransi.
Dari rangkaian siklus nitrogen, nitrit akhirnya akan di ubah menjadi nitrat oleh bakteri nitro bakteri.

3. Oksigen Terlarut

Kekurangan okigen bagi cupang adu akan menjadi resiko besar. Tidak lazim akuarium atau wadah tempat hidup cupang adu dihias tanaman air. Pada siang hari, kehadiran tanaman hias akan mengakibatkan kandungan okdisen semakin jenuh akibat proses fotosintesis. Sementara pada malam hari kadar oksigen akan merosot karena tanaman hias akan menghasilkan CO2.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

4 thoughts on “Standar Kadar Air Untuk Ikan Cupang

  1. Mas Anto

    kurnia

    Ikan hias favorit dan menjadi ikan kegemaran anak-anak hingga orang dewasa.Sekarang ikan ini memiliki warna-warna yang menarik.Walaupun sekarang saya tidak memeliharanya tetapi ikan ini tetap mendapat tempat dihati saya.

    Terima kasih atas artikelnya Mas Anto.Karena biasany artikel yang membahas tentang air untuk ikan cupang secara mendalam jarang diungkap.

    Sukses selalu untuk banyudadi.com…!

    Reply
    1. Mas Anto

      Mas Anto Pembuat Artikel

      Iya betul sekali mas, cupang memang selalu populer, kalangan bawah maupun atas.
      Artikel kita kumpulkan dari berbagai petani ikan dan kita saring dan kita sajikan sebaik mungkin agar mudah di pahami 😀

      Reply
  2. Mas Anto

    Happy MPH

    Terimakasih Mas Anto…artikel nya sangat membantu
    semoga bisa bermanfaat buat semua cupang mania

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.