Sistem Mobilitas Ikan Lele

Sebagai alat bantu untuk berenang, lele memilki sirip. Sirip merupakan alat tambahan yang berfungsi untuk mengatur kedudukan, gerakan, dan arah gerakan serta menjaga keseimbangan pada posisi diam. Masing-masing sirip dikontrol oleh serangkaian otot dan didukung pada bagian inetral oleh sejumlah jari-jari tulang rawan atau tulang keras.

Lele memiliki tiga buah sirip tunggal, yakni sirip punggung (dorsal), sirip ekor (caudal), dan sirip dubur (anal). Sirip punggung dan sirip dubur tersebut berfungsi menjaga keseimbangan, sedangkan sirip ekor berfungsi untuk bergerak maju. Dibelakang sirip punggung terdapat tonjolan yang dikenal sebagai sirip adiposa atau sirip lemak. Lele juga memiliki sirip berpasangan, yaitu sirip dada (pectoral) dan sirip perut (ventral). Kedua sirip berpasangan tersebut berfungsi membantu arah gerakan, berhenti, atau keseimbangan. Sirip dadanya dilengkapi denga sirip yang keras dan runcing yang disebut patil. Di samping sebagai senjata, patil juga berfungsi sebagai alat bantu lele untuk bergerak.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.