Sifat Dan Kebiasaan Memijah Ikan Gurami

Gurami termasuk ikan yang lambat pertumbuhannya, begitu pula dengan kematangan kelamin. Gurami mengalami matang kelamin pada umur 2-3 tahun. Suhu optimal untuk kehidupan gurami 24-28 C, sedangkan suhu yang relatif baik untuk pemijahan ialah 28 C. Pada suhu di bawah 15 C, pertumbuhan gurami menjadi lambat dan perkembangbiakannya pun jadi terhambat.

Sifat kebiasaan Pemijahan Ikan Gurami

Di perairan umum, gurami memijah pada musim kemarau. Namun gurami dapat memijah sepanjang tahun jika di pelihara di dalam kolam atau pembenihan. Jika masa pemijahan tiba, Gurami jantan akan membuat sarang dari rerumputan atau serabut. Biasanya, sarang gurami di tempatakan di antara tumbuhan air atau rerumputan di pinggir perairan. Fungsi sarang yang di buat yaitu untuk menempatkan dan mengamankan telur dari gangguan organisme lain atau kondisi lingkungan serta melindungi telur dan larva gurami dari cahaya. Hal ini di sebabkan telur dan larva sangat peka terhadap cahaya. Pada perairan atau kolam yang datar, gurami sulit melakukan pemijahan. Gurami lebih sering meletakkan sarangnya pada tepi perairan yang cenderung vertikal. Jika mendapat gangguan dari luar, gurami akan menghentikan masa kawin atau proses bertelurnya.

Kunjungi halaman Penentuan Induk Gurami Berkualitas Baik

Mau pesan Benih gurame klik di sini

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.