Sifat Biologis Ikan Lele

Ikan lele dumbo merupakan jenis ikan yang termasuk dalam famili claride dan jenis claris. Spesies ini merupakan saudara dekat dengan lele lokal yang selama ini di kenal sehingga ciri-ciri morfologinya sama. Ikan lele mempunyai bentuk badan yang berbeda dengan jenis ikan lainnya, seperti ikan mas, ikan nila, ikan patin, ikan gabus, gurame dan tawes. Karenanya, sangat mudah di bedakan dari ikan-ikan lain. Ikan lele memiliki bentuk tubuh yang memanjang, berkepala pipih, tidak bersisik, memiliki 4 pasang kumis yang memanjang sebagai alat peraba dan memiliki alat pernapasan tambahan. Bagian depannya terdapat penampang melintang yang membulat, sedangkan bagian tengah dan belakang berbentuk pipih.

Alat pernapasan tambahan terdapat di bagian kepala di dalam rongga yang di bentuk oleh dua pelat tulang kepala. Alat pernapasan ini berwarna kemerahan dan berbentuk seperti tajuk pohon rimbun yang penuh kapiler-kapiler darah. Mulutnya terdapat di bagian ujung moncong dan di hiasi oleh empat sungut. Yaitu, satu pasang sungut hidung, satu pasang sunggut maksilar dan dua pasang sungut mandibula. Insangnya berukuran kecil dan terletak pada kepala bagian belakang.

Sirip ikan lele terdiri atas lima jenis, yaitu sirip dada, sirip punggung, sirip perut, sirip dubur, dan sirip ekor. Sirip dadanya berbentuk bulat agak memanjang dengan ujung runcing, dan di lengkapi sepasang duri yang biasa di sebut patil. Patil pada lele dumbo tidak begitu kuat dan tidak begitu beracun di banding dengan jenis lele lokal. Patil yang paling berbahaya adalah lele yang hidup liar seperti di sungai.

Morfologi Ikan Lele

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.