Prospek Budidaya Ikan Mas

Tingkat pasaran ikan di indonesia terbilang kurang stabil dan masih banyak mengalami pasang surut, oleh karena itu mungkin sekarang banyak dari pelaku usaha perikanan lebih memilih ke ikan lain. Banyak sebab yang membuat pangsa pasar ikan mas kurang stabil, antara lain ialah masih sedikitnya pembudidaya ikan mas itu sendiri, sehingga ikan tidak tersedia cukup banyak. Di beberapa daerah luar jawa ikan mas ini menjadi ikan favorit daerah.

Prospek budidaya ikan mas

Ikan mas merupakan jenis ikan konsumsi air tawar, berbadan memanjang pipih kesamping dan lunak. Ikan mas sudah dipelihara sejak tahun 475 sebelum masehi di Cina. Di Indonesia ikan mas mulai dipelihara sekitar tahun 1920. Ikan mas yang terdapat di Indonesia merupakan merupakan ikan mas yang dibawa dari Cina, Eropa, Taiwan dan Jepang. Ikan mas Punten dan Majalaya merupakan hasil seleksi di Indonesia. Sampai saat ini sudah terdapat 10 ikan mas yang dapat diidentifikasi berdasarkan karakteristik morfologisnya.

Manfaat ikan mas antara lain ialah sebagai sumber penyediaan protein hewani dan sebagai ikan hias. Budidaya ikan mas telah berkembang pesat di kolam biasa, di sawah, waduk, sungai air deras, bahkan ada yang dipelihara dalam keramba di perairan umum. Adapun sentra produksi ikan mas adalah: Ciamis, Sukabumi, Tasikmalaya, Bogor, Garut, Bandung, Cianjur, Purwakarta

Di Jawa, Sumatera Utara, Barat dan Selatan serta Sulawesi Utara, ikan mas merupakan salah satu ikan yang mempunyai pangsa pasar besar dan peningkatannya lumayan bagus. Peningkatan penduduk Indonesia yang cukup besar setiap tahunnya berarti penambahan konsumen tradisional ikan mas yang cukup besar pula. Berapapun produksi yang dihasilkan, masih akan dapat diserap oleh permintaan pasar yang sangat besar. Dengan kata lain, pasarpasar ikan di indonesia masih terbuka untuk ikan mas.

Ikan mas juga termasuk masakan ikan khas restoran yang bernuansa etnis tertentu (Sunda) yang penyebarannya sudah menjangkau kota-kota besar di seluruh tanah air. Demikian pula dalam pemancingan, ikan mas merupakan ikan utama. Perkembangan kedua jenis usaha ini akhir-akhir ini secara langsung atau tidak akan menambah jumlah konsumen baru.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

One thought on “Prospek Budidaya Ikan Mas

  1. Mas Anto

    kurnia

    Masakan ikan mas memang bermacam-macam pengolahannya.Dari yang digoreng hingga dipepes.Semuanya terasa nikmat karena daging ikan mas lezat hanya sayangnya duri ikan ini banyak terutama duri yang kecil sehingga saat mengkonsumsinya butuh kesabaran dan kehati-hatian agar duri ikan tidak tertelan

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.