Phyto Parasiter Penyakit Ikan Air Tawar

Phyto Parasiter adlah parasit yang secara biotaksonomi tergolong dalam dunia tanaman (plant kingdom). Dar golongannya terdapat dua genus jamur (fungsi) yang paling di kenal di dunia perikanan, yaitu jamur Achyla dan Saprolegnia. Kedua parasit ini memiliki bentuk yang hampir sama, yaitu menyerupai benang-benang halus. Jamur ini cukup berbahaya bagi benih dan telur ikan. Ikan dewasa yang badannya terdapat luka fisik juga akan mudah menjadi mangsa parasit ini.

Siklus hidup

Meskipun siklus hidup jamur ini belum di ketahui secara pasti, tetapi wabahnya umum terjadi pada lingkungan yang banyak mengandung organik, terutama bla sedang terjadi proses pembusukan. Dalam keadaan suhu relatif rendah, serangannya juga bisa menghebat. Ikan yang tubuhnya lemah atau menderita luka akibat terkena serangan parasit lain akan cepat di jangkiti jamur ini sebagai infeksi ke dua.

Gejala Infeksi

Ciri khas akibat serangan jamur, pada ikan terdapat benang benang halus berwarna putih seperti kapas. Kalau tidak segera di tangani, lama kelamaan ikan menjadi kurus dan ahirnya mati karena jamur mampu menerobos kulit bagian dalam terus masuk ke otot daging, bahkan sampai ke tulang.

Pengobatan/pemberantasan

Agar tidak terinfeksi jamur,  telur yang akan di tetaskan sebaiknya di rendam dahulu dalam larutan malachyte green 0,15 ppm selama 30 – 60 menit. Larutan tersebut dapat terbuat dari 150 mg malachyte green  di campurkan ke dalam 1.000 Liter air bersih. Setelah itu telur di pindahkan ke tempat penetasan.

Pemberantasan jamur pada benih atau ikan dewasa sama seperti perendaman telur, tetapi pengobatannya di ulang hingga 3 kali berturut-turut dalam waktu tiga hari.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.