Pertumbuhan Ikan Gurami

Pertumbuhan ikan merupakan pertambahan ukuran panjang atau berat ikan dalam suatu waktu. Pertumbuhan merupakan proses biologi kompleks yang dipengaruhi oleh banyak faktor. Terjadinya pertumbuhan disebabkan adanya pertambahan jaringan akibat pembelahan sel secara mitosis (pembelahan sel) atau hipertrofi (jumlah sel tetap, volume sel bertambah). Hal ini terjadi jika terdapat kelebihan input energi dan asam amino (protein) dari pakan.

Pakan digunakan oleh tubuh untuk metabolisme dasar, pergerakan, produksi organ seksual, perawatan bagian-bagian tubuh atau mengganti sel-sel yang sudah tidak terpakai. Kelebihan energi dan protein digunakan untuk membuat sel baru sebagai penambahan unit atau penggantian sel dari bagian tubuh, yang secara keseluruhan menghasilkan perubahan ukuran.

Proses pertumbuhan dan faktor yang mempengaruhi pertumbuhan merupakan pengetahuan penting dalam pengembangan budi daya perikanan. Pengetahuan ini penting untuk merekayasa teknologi sehingga pembudi daya dapat memacu pertumbuhan gurami yang dibudidayakan.

Laju pertumbuhan ikan dapat dipengaruhi oleh faktor dalam dan faktor luar. Faktor dalam yang berpengaruh seperti genetika, sekks, umur, berat dan penyakit. Faktor dalam sulit dikontrol, tetapi masih dapat dikontrol. Sebagai contoh, faktor keturunan masih dapat dikontrol dengan cara melakukan seleksi untuk mencari benih ikan yang baik. Pertumbuhan ikan betina dan jantan dalam jenis yang sama belum tentu sama, namun ada juga jenis ikan antara jantan dan betina memiliki pertumbuhan yang hampir sama.

Pada waktu ikan mencapai kematangan gonad pertama kali, kecepatan pertumbuhannya agak sedikit melambat karena energi lebih banyak dibutuhkan untuk keperiuan kematangan gonad. Pembuatan sarang, pemijahan dan penjagaan keturunan juga membuat pertumbuhan gurami tidak bertambah. Hal tersebut disebabkan pada masa tersebut ikan mengurangi makan, bahkan pada umumnya tidak makan. Umur ikan juga sangat berpengaruh pada pertumbuhan. Ikan yang lebih muda memiliki ppertumbuhan lebih pesat dibandingkan ikan dewasa. Kebutuhan energi ikan muda lebih banyak digunakan untuk pertumbuhan. Sementara ikan dewasa menggunakan sebagian besar pakannya untuk pemeliharaan tubuh pergerakan.

BiotikAbiotik
beratSuhu
Kelamin/seksOksigen
UmurCO2
AktivitaspH
StresAmoniak
PuasaMusim
Rasio makanTekanan

Faktor luar yang berpengaruh bagi pertumbuhan ikan di antaranya, suhu, oksigen, pH, CO2, amoniak, pakan, dan kepadatan. Faktor luar yang paling berpengaruh adalah suhu perairan dan pakan. Pada daerah tropi, faktor pakan lebih berpengaruh di banding perairan. Hal ini di sebabkan pada lingkungan tropis jarang sekali terjadi perubahan suhu yang sangat extream. Dengan pakan yang cukup dan gizi yang cukup seimbang, pertumbuhan ikan bisa tumbuh dengan pesat. Pakan yang penting dalam pertumbuhan adalah protein, karbohidrat, lemak, mineral, dan vitamin.

Dalam saluran pencernaan, protein, karbohidrat dan lemak harus di hancurkan terlebih dahulu menjadi zat yang sederhana sebelum di gunakan dan di manfaatkan masing-masing sel. Protein di pecah menjadi asam amino, lemak menjadi asam lemak dan gliserol, sedangkan karbohidrat menjadi glukosa. Sementara vitamin dan mineral di peroleh dalam keadaan siap pakai.

Pertumbuhan ikan gurami yang di budidayakan secara intensif dapat di lihat pada kurva berikut

Kurva Pertumbuhan Ikan Gurami Yang Di Budidayakan Secara Intensif

Kurva Pertumbuhan Ikan Gurami Yang Di Budidayakan Secara Intensif

Selain di pengaruhi kualitas pakan, pertumbuhan jaringan atau organ juga di pengaruhi hormon pertumbuhan, baik faktor perangsang pertumbuhan maupun penghambat pertumbuhan. Kedua hormon tersebut memiliki peran yang sangat bertentangan. Faktor perangsang pertumbuhan berperan untuk pengaktifan pembelahan sel. Sebaliknya, faktor penghambat pertumbuhan akan menghambat pembelahan sel. Hormon yang merangsang pertumbuhan akan bekerja meningkatkan percepatan proses sintesis protein sehingga protein jaringan bertambah.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.