Pertumbuhan dan perkembangbiakan ikan nila

Ikan nila merupakan salah satu ikan yang tumbuh relatif cepat dan mudah untuk membudidaya nya. Di kolam atau di perairan dengan kondisi normal, ikan nila dewasa yang berumur 4-5 bulan memiliki berat hingga 250 gram. Saat itu, ikan nila menjadi matang gonad dan betina nya akan bertelur. Sebelum betina bertelur, pejantan biasanya membuat sarang terlebih dahulu di dasar kolam atau perairan.

Saat memasuki masa birahi, warna sisik nila jantang menjadi lebih cerah untuk menarik perhatian betina. Setelah itu nila betina akan bertelur dan di buahi nila jantan. Proses pemijahan satu pasang induk dalam waktu 1 menit bisa menghasilkan sekitar 40-50 butir telur. Proses pemijahan ini biasanya berlangsung kurang lebih satu jam.

Larva nila pada mulut induknya

Telur yang sudah di buahi akan di erami dalam mulut nila betina. Pada hari ke 4 atau 5, akan menetas menjadi larva. Larva nila masih akan tetap di erami dalam oleh induknya sampai cadangan kuning telurnya habis. Pada masa produksi (umur 1,5 tahun) induk betina mampu menghasilkan telur hingga 2000butir dan memijah 7kali dalam setahun.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.