Perilaku Dan Syarat Hidup Ikan Lele

Secara umum ikan lele dumbo memiliki perilaku hampir sama dengan lele lokal. Beberapa perilaku dan sifat biologis lele dumbo yang perlu di ketahui.

1. Ikan lele dumbo mempunyai insang berukuran kecil, sehingga kurang efektif untuk bernafas. Sebagai gantinya, lele dumbo mempunyai alat pernafasan tambahan yang hanya dapat di gunakan bila mengambil oksigen dari udara. Oleh sebab itu, lele dumbo sering menyembul ke permukaan untuk mengambil oksigen dari udara langsung. Karena sifatnya itu, lele dumbo dapat di pelihara di kolam yang tergenang dan dapat hidup di air yang keruh sekalipun. Sebalinya, lele dumbo tidak dapat hidup pada kolam permukaan airnya tertutup rapat oleh sampah atau de daunan hidup seperti, enceng gondok.

Lele Dumbo

Lele Dumbo

2. Ikan lele dumbo memiliki kebiasaan membuat atau menempati lubang-lubang di tepi sungai/kolam sebagai sarangnya. Selain itu lele juga mempunya kebiasaan mengaduk-aduk lumpur di dasar perairan untuk mencari makanan.

3. Mata ikan lele dumbo berukuran kecil sehingga penglihatannya kurang baik. Sebagai gantinya, ia mempunyai alat peraba berupa sungut dan indera penciuman yang tajam.

4. Ikan lele dmbo bersifat noctural, yaitu, aktif bergerak mencari makanan pada malam hari. Pada singa hari, lele dumbo memilih berdiam diri dan berlindung di tempat gelap.

5. Ikan lele dumbo merupakan ikan air tawar yang menyukai genangan air yang agak tenang. Di sungai ikan ini banyak di jumpai di bagian yang airnya tidak terlalu deras.

5. Kondisi yang ideal bagi hidup ikan lele dumbo adalah air yang mempunyai PH (ke asaman air) 6,5-9 dan bersuhu 24-26 derajat celcius. Kandungan oksigen yang terlalu tinggi akan menyebabkan gelembung gelembung dalam jaringan tubunhya. Sebaliknya penurunan oksigen secara tiba-tiba dapat meyebabkan kematian. Kandungan oksigen dapat menurun antara lain karenan banyaknya bahan organik yang terurai atau banyaknya binatang atau ikan yang hidup di dalam kolam bersama lele dumbo. Penguraian organik di dalam kolam memerlukan oksigen serta melepaskan gas CO2 dan H2S yang beracun dan larut di dalam air. Air yang ideal bagi lele dumbo mempunyai kandungan CO2 kurang dari 12 mg/liter. Pengurairan bahan organik tersebut biasanya akan semakin meningkat sebanding dengan meningkatnya suhu air.

7. Ikan lele dumbo mempunyai kebiasaan meloncat. Loncatannya dapat lebih dai setengah meter. Di banding dengan lele lokal, lele dumbo memiliki gerakan yang lebih agresif. Gerakanya lebih banyak naik turun, sehingga memerlukan kolam yang dalam.

8. Ikan lele dumbo juga termasuk ikan pemakan segalanya (omnivora). Tetapi di alam bebas pakan alami lele dumbo terdiri dari jasad-jasad retnik yang berupa zooplankton dan fitoplankton seperti jantik-jentik nyamuk, anak ikan dan sisa-sisa bahan organik yang masih segar. Meskipun demikian, jika telah di budidayakan, misalnya di pelihara di kolam, ikan lele dumbo dapat memakan pakan buatan seperti pelet. Sewakti hidup bebas di alam maupun ketika di pelihara di kolam , ikan lele dumbo tergolong ikan yang sangat responsif terhadap makanan. Artinya, hampir semua pakan yang di berikan di santap dengan lahap. Itulah sebabnya ikan ini cepat besar dalam waktu yang singkat.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.