Penyebaran Ikan Lele

Ikan lele banyak ditemukan di Benua Afrika dan Asia Tenggara. Komoditas perikanan ini terdapat di perairan umum yang berair tawar. Penyebaran lele di Asia, yaitu negara Indonesia, Thailand, Filipina, dan Cina. Ikan lele di bebrapa negara, khususnya di Asia telah diternakkan dan dipelihara di kolam, seperti Indonesia, Thailand, Vietnam, Malaysia, Laos, Filipina, Kamboja, Birma, dan India. ikan lele di Indonesia secara alami ditemukan di Kepulauan Sunda Besar maupun Kepulauan Sunda Kecil.

Penyebutan nama ikan lele diberbagai negara berbeda-beda. Ikan lele yang ada dikenal dengan sebutan keli (Malaysia), plamond (Thailand), ca tre trang (Jepang), mali (Afrika), gura magura (Sri Lanka) dan catfish (Inggris). Di berbagai daerah di Indonesia, lele disebut ikan keli atau keling (Makassar/Sulawesi), ikan lele (Pulau Jawa), ikan pintet (Kalimantan) atau ikan kalang (Sumatra). Sementara itu, nama ikan lele dalam perdagangan internasional dikenal dengan sebutan catfish. Disebut catfish karena ikan ini mempunyai kumis seperti kucing (dalam bahasa  inggris cat=kucing). Sebenarnya nama catfish ini tidak hanya berlaku untuk ikan lele saja, tetapi berlaku juga bagi ikan jenis lain yang juga berkumis, antara lain ikan patin dan baung.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.