Penuhi Vitamin Ikan Gurami

Guna mempercepat pertumbuhan dan menjaga kesehatan ikan gurami, perlu di lakukan kegiatan pemenuhan kebutuhan vitamin pada budidaya ikan gurami. Tanpa vitamin tambahan ikan gurami akan tumbuh secara monoton atau apa adanya. Maka dari itu kebutuhan vitamin juga berperan penting dalam budidaya gurami. Vitamin alami seperti de daunan juga bisa di berikan. Daun yang biasa untuk pakan ikan gurami dan mengandung gizi-gizi cukup baik diantaranya adalah daun pepaya, singkong, senthe. dari daun-daun ini hampir di semua tempat ada, sangat mudah untuk di temukan.

Misalkan untuk Memenuhi vitamin ikan gurami bisa didapatkan dari wortel untuk vitamin A dan nutrisi tomat untuk kebutuhan vitamin C nya.

Perlu diketahui vitamin merupakan hal yang sangat diperlukan untuk melakukan metabolisme dalam tubuh ikan, bila kekurangan vitamin, maka ikan dapat mengalami gejala penyakit seperti bisulan, bercak-bercak pada kulitnya tentunya pembeli anda akan berfikir 2 kali jika tau ikan nya kurang bagus.

Vitamin Ikan Gurami

Beberapa jenis ikan tidak bisa memakan secara langsung bahan makanan secara mentah untuk mendapat vitamin, misalkan kita langsung memberikan wortel, daun-daunan ke ikan tersebut, bahan-bahan tersebut harus diolah dulu menjadi pakan yang biasa kita temukan di pasar-pasar penjual pakan ikan, Memenuhi vitamin ikan gurami daun mentah seperti daun talas bisa diberikan langsung, pemberian makanan untuk ikan gurami atau nila sangat mudah.

Pembuatan pakan untuk pemenuhan vitamin ini perlu diperhitungkan, dalam membuat pakan, kita bisa kehilangan vitamin yang dihasilkan dari bahan makanan mentahnya, untuk itu, formulasi dan dan komposisinya harus sangat tepat, tanyakan pada ahli budidaya sekitar.

Ikan gurami seperti yang telah disebutkan adalah ikan herbivora, tapi makanan herbivora ini tidak cukup untuk makanan ikan, daun-daunan hanya cukup untuk vitamin ikan tersebut, jika hanya di beri daun saja pertumbuhan ikan pun jadi alami, sangat lambat bila untuk berbisnis.

Untuk Memenuhi vitamin ikan gurami pemberian pakan dengan kadar protein yang ditentukan sekitar 25 sampai 30 persen harus dilakukan supaya pertumbuhan ikan tersebut tumbuh dengan cepat dan hasil budidaya yang maksimal.

Salah satu yang wajib di ketahui dalam budidaya gurami yaitu memperhatikan kotoran yang dihasilkan dari pembuangan ikan tersebut, jumlah kotoran dalam batas tertentu bisa diuraikan dan siklus pembuangan dan penguraian akan berjalan lancar dan tidak terlalu berpengaruh pada kualitas air jumlah kotoran yang berlebih dapat menimbulkan masalah.

Misalnya, meningkatkan populasi Fitoplankton, keadaan seperti ini akan mengakibatkan kandungan oksigennya berkurang, selain itu, kotoran yang menumpuk akan menghasilkan gas yang berbahaya,seperti amoniak dan methan

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

4 thoughts on “Penuhi Vitamin Ikan Gurami

  1. Mas Anto

    by ibu marlina

    Saya mau nanya vitamin apa saya bagus utk ikan gurame dan berapa harganya 1 botol

    Reply
  2. Mas Anto

    by ibu marlina

    Saya punya tambak ikan lele dan gurame.vitamin apa yang cocok utk ikan lele dan ikan gurame.dan berapa 1 botolnya

    Reply
  3. Mas Anto

    فاتيناة مولياتي

    Saya punya tambak 5. Ikan gurame dan melem, sy mau tanya harga vitaminnya brp dan bisa di krm gk

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.