Pengobatan Penyakit Ikan Secara Langsung

Pengobatan Ikan secara langsung dapat di lakukan dengan penyuntikan (injeksi) dan pengolesan, terutama untuk ikan-ikan yang berukuran besar yang menderita penyakit bakterial. Dalam penyuntikan di gunakan antibiotik atau obat kimia.

Penyuntikan Ikan Sakit

Pengobatan cara oles untuk mengobati luka pada tubuh ikan bagian luar dengan menggunakan obat merah (Jodium, tinctuur, mercurochrome). Obat ini di oleskan perlahan tepat di bagian tubuh yang luka dengan alat bantu kapas. Ada pula pengobatan oles yang menggunakan bedak talk untuk melepaskan ektoparasit seperti argulus sp, dari tubuh ikan.

Pond & Fish Treatment

Pond & Fish Treatment adalah cara pengobatan langsung di dalam kolam. Untuk keperluan ini di perlukan obat jenis insektisida dan juga obat kimia lain dengan konsentrasi relatif rendah. Aplikasinya dengan cara di semprotkan melalui alat bantu hand sprayer. Lama pengobatan hanya sebentar saja. Selagi pengobatan berlangsung pinti pemasukan dan pengeluaran air di tutup . Kemudia di buka kembali setelah mencapai batas waktu yang telah di tetapkan hingga kondisi air normal.

Pengobatan dengan cara ini mempunyai dua keuntungan karena selain dapat mengobati pada ikan juga sekaligus di harapkan mampu memberantas parasit dan hama yang masih berkeliaran di dalam kolam. Kelemahannya boros dalam pemakaian obat.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.