Pengobatan Ikan Sakit Melalui Air

Teknik pengobatan ini menggunakan berbagai macam obat kimiawi termasuk jenis insektisida serta probiotik. Caranya adalah seperti berikut:

a. Pencelupan

Pencelupan adalah cara pengobatan menggunakan obat atau bahan kimia pada konsentrasi tinggi (ratusan sampai ribuan PPM) dan waktu pengobatan sangat pendek sampai dengan 30 detik). Pengobatan dengan cara pencelupan biasanya menggunakan larutan obat dengan konsentrasi tinggi (daya racun tinggi). Bila kondisi ikan sudah terlalu lemah. Sedangkan daya racun obat sangat tinggi maka ikan bisa mati.

Untuk pengobatan cara ini, ikan ikan yang terinfeksi di tangkap menggunakan serok kemudian ikan bersama seroknya di celupkan ke dalam larutan obat yang telah di siapkan selama 30 detik. Ikan-ikan ang telah di obati di pindahkan ke tempat penampungan sambil di beri aerasi dan air mengalir.

b. Pemandian

Pengobatan ini adalah dengan cara memandikan ikan-ikan yang sakit ke dalam larutan obat tertentu dengan konsentrasi tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah dalam waktu antara 15 – 60 menit. Teknis pengobatan ikan dengan cara pemandian yaitu ikan-ikan yang terinfeksi di kumpulkan dan secara langsung di masukan/di lepaskan di dalam larutan obat yang telah di sediakan. Sesudah itu ikan di pindahkan ke dalam wadah penampungan sementara dengan aliran air bersih.

c. Perendaman

Pengobatan melalui perendaman biasanya menggunakan obat tertentu pada konsentrasi relatif rendah, tetapi waktu perendaman cukup panjang sampai 24 jam.Perendaman Ikan Sakit

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.