Penetasan Telur Ikan Bawal

Proses Pemijahan Induk Ikan Bawal

Untuk mempersingkat waktu pemijahan biasanya petani menyuntik induk ikan bawal dengan ovaprim atau yang biasa di sebut kelenjar hipofisa ikan mas dan lele. Alat yang di gunakan adalah kakaban. di biarkan sebentar dan tunggu hingga proses pemijahan selesai sendiri.

Penyuntikan Induk Ikan Bawal ovaprim

Penetasan Telur Ikan Bawal

Jika telur-telur sudah di buahi Langkah selanjutnya adalah memisahkan telur ke kolam lain yaitu kolam penetasan dan pemeliharaan. Kolam yang di pakai untuk penetasan ini bisa bermacam-macam, bisa dengan akuarium, bak, dan kolam. Jika penetasan di lakukan dalam akuarium saya sarankan ukurannya yang lumayan besar agar bisa di jadikan tempat menampung larva.

Proses Penetasan Telur Bawal

Telur biasanya akan segera menetas dalam waktu sekitar 21 jam tergantung juga pada kondisi. Ketika mulai menetas, kita harus mengupayakan supaya telur tidak mengendap karena dapat  berujung pada kegagalan menetas. Pisahkan juga telur-telur yang rusak agar tidak mengganggu proses penetasan.

Pemeliharaan Larva Ikan Bawal

Perbandingan ukuran kolam atau akuarium yang digunakan untuk penetasan dengan jumlah ikan sebaiknya adalah satu liter air per 99 ekor larva. Kemudian setelah berumur tujuh hari maka ikan harus dipindahkan lagi ke kolam yang lebih besar, perbandingannya yaitu kira-kira satu liter air per 6 ekor larva. Pemberian pakan berupa pelet yang direndam terlebih dahulu dilakukan kepada ikan ketika mereka telah berumur 30 hari. Selama pendederan hingga masa panen, kita harus selalu memantau kondisi ikan dan melakukan penyortiran untuk mendapatkan hasil panen bibit bawal yang bagus.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.