Penentuan Induk Gurami Berkualitas

Induk dan benih gurami dapat di peroleh dari hasil penangkapan di alam, penangkaran atau pemuliaan serta import. Pengadaan induk hasil penangkaran atau pemuliaan dapat di lakukan oleh penangkar. Sementara pengadaan induk dan benih import dapat di lakukan pengusaha yang telah memiliki IUP di bidang pembudidayaan ikan dan izin pemasukan ikan di dalam wilayah negara. Pengadaan induk hasil pemuliaan, yang di masukan ke dalam wilayah negara, hanya di perbolehkan untuk induk ikan kelas induk dasar dan atau induk pokok. Sementara pengadaan benih yang di masukan ke dalam wilayah hanya di perbolehkan untuk benih tebar ( benih pertama dari keturunan induk penjenis, induk dasara, atau induk pokok yang memenuhi standar mutu kelas benih tebar) untuk tujuan pembesaran dan bukan di tujukan untuk induk ikan gurami.

1. Kualitas induk

Genetis strain atau galur induk gurami merupakan salah satu penentu keberhasilan budidaya gurami. Kualitas gurami yang baik di peroleh dari pemijahan induk gurami yang baik pula. Kualitas induk gurami yang baik berasal dari induk pokok (parent stock). Induk pokok merupakan keturunan pertama dari induk dasar (grand parent stock), sedangkan induk dasar sendiri merupakan keturunandari induk pejenis (great grand parent stock).

Pengadaan induk dan benih di atur melalui keputusan menteri kelautan dan perikanan Nomor Kep.07/MEN/2004 tentang pengadaan dan peredaran benih ikan. Sementara kualitas dan kriteria induk serta benih gurami telah distandarisasi oleh BSN (badan standarisasi nasional). Berdasarkan Kep. Men, kelautan dan perikanan tersebut, pengadaan kelas induk pejenis, induk dasar, dan induk pokok hasil pembenihan/penangkaran hanya dapat di lakukan oleh penangkar bersertifikat.

Informasi tentang induk gurami yang cukup baik dapat di peroleh di balai pengembangan budidaya ikan air tawar setampat. Selain di lihat dari sudut genetis, keberhasila usaha pembenihan juga di tunjang oleh pengetahuan ciri gurami jantan dan betina. Hak ini penting agar tidak terjadi kesalahan pemilahan antara induk jantan dan induk betina ketika membeli. Ciri induk betina dengan kualitas cukup baik Tabel di bawah ini.

Ciri-Ciri induk gurami yang berkualitas baik

Ciri-Ciri induk gurami yang berkualitas baik

Tolok ukur kualitas induk yang baik adalah tingkat kematangan gonad (%) yang di capai, fekunditas induk (butir/kg) yang di peroleh, dan frekuensi pemijahan (kali) pada kurun waktu tertentu selama pemeliharaan induk. Tidak semua induk yang di pelihara dalam kegiatan pemeliharaan dapat mencapai matang gonad. Sebagai contoh dari 50 ekor induk ikan gurami betina yang di pelihara, hanya 30 ekor saja yang mencapai kematangan gonad. Dengan kata lain, presentase jumlah induk yang matang gonad hanya 60%.

Berikut Gambar ciri-ciri induk gurami

Ciri ciri gurami jantan dan betina

Ciri ciri gurami jantan dan betina

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

3 thoughts on “Penentuan Induk Gurami Berkualitas

  1. Pingback: Sifat Dan Kebiasaan Memijah Ikan Gurami | Penyedia bibit ikan air tawar murah

  2. Pingback: Penentuan Lokasi Pembenihan Gurami | Penyedia bibit ikan air tawar murah

  3. Pingback: Perawatan Induk Gurami | Penyedia bibit ikan air tawar murah

Leave a Reply

Your email address will not be published.