Pemilihan Telur Gurami Perlu Di lakukan

Pemilihan Telur Gurami Perlu Di lakukan, mengingat dampak negatif telur yang membusuk sangat menganggu telur yang lain. Dan pemilihan ini termasuk juga tindakan pertama yang di lakukan pada tahap pembibitan, Pada lapisan air yang atas biasa juga terdapat minyak, minyak ini juga perlu di bersihkan. Minyak yang terdapat di permukaan air adalah hasil dari penetasan telur gurami menjadi larva.

Pemilihan Telur Ikan Gurami

Alat-alat yang digunakan pada kegiatan pemilihan telur gurami adalah, ember besar sebagai penampung telur dan larva, ember Kecil, sebagai penampung saat pemisahan dan Mangkuk Plastik, sebagai alat pemisah dan penghitung.

Selain memisahkan telur mati, kegiatan Seleksi telur gurami dimanfaatkan oleh pembudidaya untuk menghitung jumlah larva yang hidup sebelum ditebar di kolam, untuk kemudian dibandingkan dengan penghitungan pada pemilihan telur selanjutnya biasanya setelah 11-21 hari kemudian.

Langkah Penetasan Telur Gurami

Penetasan telur gurami dapat dilakukan pada kolam semen, bak plastik/fiber atau baskom. Pembudidaya umumnya menggunakan drum plastik bekas bahan kimia berwarna biru yang dipotong menjadi dua bagian, atau baskom plastik (warna hitam). Cuci bersih wadah yang akan digunakan sebagai tempat penetasan, upayakan benar-benar bersih dari bahan kimia atau bahan beracun dan berbahaya lainnya dari wadah. Gunakan deterjen saat pencucian pertama kali, lalu dapat diulang menggosok permukaan bagian dalam wadah dengan potongan gedebog pisang.

Setelah wadah benar-benar bersih, isi dengan air bersih (tidak harus jernih), dari kolam/sawah/danau/irigasi, air sumur yang sudah diendapkan 2 hari, atau air PAM yang sudah diendapkan lebih dari 4 hari. Jangan menggunakan air PAM yang mengandung kaporit tinggi (biasanya tercium bau kaporit).

Letakan wadah ditempat yang terlindung dari hujan dan pemangsa telur, tetapi boleh terkena sinar matahari saat pagi dan sore hari. Isi wadah dengan telur-telur yang akan ditetaskan. Wadah yang berasal dari potongan drum dapat menampung hingga 10,000 butir telur. Dua hari kemudian sebagian telur-telur sudah menetas, akan bergerak biasanya berputar-putar dan berkelompok. Siapkan tempat untuk pendederan, karena pada hari ke 3-4 larva gurami sebaiknya sudah dipindahkan ke kolam pendederan.

 

Selengkapnya Cara Penetasan Gurami Bisa Anda Baca di Sini

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

2 thoughts on “Pemilihan Telur Gurami Perlu Di lakukan

  1. Mas Anto

    Anas U

    please send me the details regarding breeding of giant gourami (Ikan gurami ) in english

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.