Pemeliharaan Ikan Mujair Di Kolam Air Tenang

Pemeliharaan ikan mujair di pekarangan merupakan cara pemeliharaan ikan mujair yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat. Cara ini disebut juga pemeliharaan ikan mujair di kolam air tenang karena air yang digunakan tidak mengalir.

Pemeliharaan ikan mujair di pekarangan ada dua macam. Pertama, pemeliharaan ikan mujair setelah berukuran ukup besar. Kedua, pemeliharaan ikan mujair setelah larva ikan mujair habis kuning telur yang dibawahnya. Usia ikan mujair habis kuning telur yang dibawanya sekitar 3-5 hari setelah penetasan, kemudian larva ikna mujair tersebut dapat dipelihara pada kolam pekarangan.

Kolam Air Tenang Ikan Mujair Dan Nila

Lahan Untuk Kolam

Persyaratan lahan untuk kolam adalah, sebagai berikut:

  1. Tanah yang baik untuk kolam pemeliharaan ikan di pekarangan adalah jenis tanah liat atau lempung, tidak berporos. Jenis tanah tersebut dapat menahan massa air yang besar dan tidak bocor sehingga dapat dibuat pematang atau dinding kolam.
  2. Kemiringan tanah yang baik untuk pembuatan kolam berkisar antara 3-5% untuk memudahkan pengairan  ke dalam kolam secara gravitasi, yaitu air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah.
  3. Lokasi pemeliharaan berada pada ketinggian antara 150-1.000 meter di atas permukaan air laut.
  4. Kualitas air untuk pemeliharaan ikan mujair harus bersih, tidak terlalu keruh, tidak tercemar bahan-bahan kimia beracun dan tidak tercemar minyak atau limbah pabrik lainnya.
  5. Ikan mujair dapat berkembang pesat di kolam, sawah, kakaban dan sungai. Kolam dengan sistem pengairan yang mengalir sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan fisik ikan mjair, seperti sungai yang airnya mengalir dengan deras. Debit air untuk kolam air tenang 8-15 liter/detik/ha, sedangkan debit untuk pembesaran di kolam air deras debitnya 100 liter/menit/m kubik.
  6. Keasaman air (pH) yang baik adalah antara 7-8.
  7. Suhu air yang baik berkisar antara 20-25 C.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.