Pembesaran Ikan Nila Di Karamba Bambu

Pembesaran di Karamba Bambu

a. Persiapan Karamba

karamba bambu biasanya digunakan untuk membesarkan ikan nila diperairan dangkal atau dialiran sungai. Bahan dasar karamba ini terbuat dari bambu yang didesain turbentuk kubus atau balok. Ukuran karamba bervariasi, tetapi umumnya berukuran panjang 2 meter dan lebar 1meter. Tinggi karamba 1,5-3 meter. setengah bagian tinggi  karamba ditanam didasar sungai ddan sisanya berada di dalam air dan permukaan air. konstruksi karamba dibuat rapat dan memiliki pintu di bagian atas untuk masuk keluar ikan dan memberikan pakan.

berikut beberapa syarat lokasi perairan untuk karamba.

  • Perairan tidak tercemar serta telah memenuhi persyratan minimal baku mutu dan baku mutu budi daya.
  • Kedalaman air minimun 1 meter dari dasar karamba pada saat surut terendah.
  • Kecepatan arus maksimum 3 meter per detik.
  • Suhu air 23-30 derajat celcius dan derajat keasaman (pH) 6,5-8,5.
  • Oksigen terlarut lebih dari 5 mg/liter, amonia (NH3) kurang dari0,02 mg/liter dan kecerahan yang diukur dengan Secchi disk lebih dari 3 meter.

b. Penebaran Benih

Untuk pembesaran dikaramba bambu pada aliran sungai ini sebaiknya menggunakan benih ikan nila dengan ukuran panjang minimum 8 cm. Benih yang terlalu kecil dikhawatirkan belum mampu bertahan hidup disungai. Pasalnya, risiko pencemaran di sunai relatif besar dibandingkan dengan tempat pemeliharaan lain.

Populasi ideal di karamba bambu pada aliran sungai sebanyak 10 ekor/m3. Misalnya, karamba bambu berukuran 2×1 meter dengan ketinggian 2 meter dan 1/2 meter tingginya berada dipermukaan air dapat diisi dengan ikan nila sebanyak 30 ekor (perhitungannya 2 x 1 x 1,5 m = 3 m3).

c. Pemberian Pakan

Sama halnya dengan pemberian pakan pada ikan nila yang dibudidayakan di karamba jaring apung, ikan nila yang dipelihara di karamba bambu pada aliran sungai juga diberi pakan setiap hari. Dalam satu hari, diberikan pakan berupa pelet halus yang dilakukan 2-3 kali dengan jumlah pakan 5% dari biomassa per hari pada bulan pertama. Setelah itu, jumlah pakan dikurangi menjadi 3% dari biomassa per hari.

Pembesaran Nila Di Kolam Bambu

Pembesaran Nila Di Kolam Bambu

Pembesaran Ikan Nila Di Karamba Bambu merupakan salah satu alternatif budidaya nila jika mempunyai keterbatasan lokasi maupun lahan. Dan bisa juga untuk ikan lainnya.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

One thought on “Pembesaran Ikan Nila Di Karamba Bambu

  1. Pingback: Teknik Pembesaran ikan Nila Konsumsi | Penyedia bibit ikan air tawar murah

Leave a Reply

Your email address will not be published.