Pembesaran Ikan Nila dengan Sistem Mina Padi

Persyaratan perairan di sawah untuk mina padi umumnya sama dengan syarat perairan untuk memelihara ikan nila. Namun, karena ketinggian air pada penanaman padi hanya 20-30 cm, perlu dibuat beberapa selokan ditengah sawah, seperti kamalir untuk tempat hidup ikan nila.

Selokan atau kamalir sebaiknya dibuat dengan ukuran lebar 20-40 cm dan kedalaman minimum 20 cm. Panjang kamalir biasanya mengikuti panjang sawah. Dalam satu petak sawah seluas 1.000 m2 bisa dibuat 2-3 buah kamalir.

Pengolahan lahan untuk mina padi mengikuti pola pengolahan lahan untuk padi tanpa penggunaan pestisida. Hal yang perlu diperhatikan dalam persiapan pengolahan lahan adalah menjaga pematang serta saluran masuk dan keluarnya air agar tidak ada ikan lain yang masuk atau ikan nila lolos dan keluar dari sawah.

Pembesaran Nila Sistem Mina Padi

Pembesaran Nila Sistem Mina Padi

Penebaran Benih

Umur tanaman padi sekitar tiga bulan. Sementara pada umur tiga bulan, ikan nila dari benih ukuran 5-8 cm hanya mencapai bobot 200-300 gram per ekor. Karena itu, untuk menghasilkan bobot ikan nila yang maksimal, penggunaan benih ikan nila bisa yang berukuran 12 cm.

Selain itu, penebaran sebaiknya dilakukan 2-4 minggu sebelum padi ditanam sehingga umur ikan saat panen lebih lama dari umur padi. Populasi atau padat tebar ikan nila dalam sistem mina padi biasanya 1 ekor/m2. Sebelum benih diteba, sawah perlu digenangi air minimum satu minggu. Cara penebaran benih dilakukan di dalam kamalir. Waktu penebaran sebaiknya pada pagi hari.

Penebaran Pakan

Pemeliharaan iikan nila sistem mina padi lebih banyak dilakukan oleh petani sebagai usaha sampingan. Karena itu, petani tidak memiliki standar atau patokan dalam pemberian pakan. Namun, standar yang biasa digunakan dalam pemeliharaan ikan nila di tambak atau kolam yakni sebanyak 5% dari biomassa pada bulan pertama bisa dijadikan patokan jumlah pakan pada sistem mina padi ini. Setelah itu, persentase jumlah pakan diturunkan menjadi 4% dan 3% dari biomassanya masing-masing pada bulan kedua dan ketiga.

Sawah tidak hanya menghasilkan tanaman namun bisa di manfaatkan untuk ikan nila. Jadi bisa panen 2 macam hasil budidaya.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.