Pembesaran Ikan Mas Di KJA – Jaring Apung

Mempersiapkan Kolam Jaring Apung

Sebelum melaksanakan penebaran benih ikan, yang pertama kali harus diperiksa adalah ukuran mata jaring dan keutuhan jaring. Bila ukuran benih ikan mas 1 kg = 80 – 100 ekor ( 5-8 cm ) maka mata jaring yang dipergunakan adalah 1 inci. Pastikan KJA berada pada posisi aman dan menguntungkan, seperti keterangan lokasi penempatan KJA di atas.

Menebar Benih

Padat penebaran untuk net kolam ukuran 7x7x3 m dibutuhkan benih ikan mas 125 kg ukuran 5-8 cm. Penebaran benih dilakukan pada malam hari. Pelepasan benih ikan dengan menggunakan metoda aklimatisasi yaitu dengan cara membiarkan kantong plastik benih membuka sedikit. Aklimatisasi dimaksudkan untuk mengadaptasikan benih kedalam tempat yang baru, karena ikan mempunyai keterbatasan kecepatan adaptasi maka benih dibantu agar lebih cepat hingga benih lepas semua.

Memberi Pakan

Dikarenakan kepadatan populasi ikan dalam net kolam tinggi maka sudah barang tentu ketersediaan pakan alami tidak memenuhi kebutuhan ikan tersebut. Oleh karena itu perlu diberi pakan tambahan yang berupa pellet dengan gizi tinggi yaitu dengan kandungan protein > 20 %.

Memberi Pakan Ikan Mas Jaring Apung
Jumlah pellet yang diberikan 3-5 % kali bobot total ikan dalam net kolam, diberikan hingga 5 kali dalam satu hari. Pemberian pakan tergantung dengan kondisi ikan atau kondisi lingkungan , jika cuaca cerah, suhu tinggi maka ikan cepat lapar, sehingga ikan perlu diberi pakan.

Menaksir Bobot Total Ikan

Untuk menaksir bobot total ikan maka yang dilakukan adalah mengambil ikan contoh. Pengambilan ikan contoh dilakukan satu minggu satu kali, dengan cara menangkap 30 ekor ikan secara acak kemudian ikan tersebut ditimbang. Ikan contoh tersebut dihitung bobot rata-ratanya. Bobot ikan total dihitung dengan menggunakan pendekatan jumlah populasi awal dikurangi jumlah ikan yang mati dikalikan bobot rata-rata ikan contoh.

Setelah taksiran bobot total ikan terhitung, maka bobot pakan yang akan diberikan dapat dihitung, tetapi kejadiannya akan lain apabila cuaca panas, yang mengakibatkan pemberian pakan meningkat dan menyimpang dari pendekatan, untuk mengetahui hal ini perlu dihitung konversi dan efisiensi pakan, apabila konversi pakan 1,8 – 2 maka target terpenuhi. Akan lebih baik apabila sebelum akhir periode pembesaran, ukuran ikan telah tercapai sehingga dapat dilakukan pemanenan lebih awal yang berarti menghemat pakan dan waktu.

Memanen Ikan MAs

Setelah benih ikan mas dipelihara selama 2,5 – 3 bulan, maka ukuran ikan menjadi 1 kg = 3-5 ekor. Berdasarkan permintaan pasar biasanya ikan mas ukuran ini yang banyak diminati oleh konsumen pada umumnya. Pemanenan dilaksanakan secara serentak, sebelum ikan dipanen ikan dalam net kolam dipuaskan terlebih dahulu selama satu hari, hal ini maksudnya agar nanti dalam pengangkutan ikan tidak banyak mengeluarkan kotoran.

Cara pemanenan ikan, alat yang digunakan adalah tambang atau bambu. Selipkan tambang atau bambu tersebut di bawah net kolam yang akan dipanen. Kemudian bambu atau tambang tersebut digerakkan mengarah ketepi. Akhirnya ikan akan terkumpul di tepi net. Setelah ikan berkumpul, maka ikan ditangkap secara hati-hati, usahakan ikan jangan sampai terluka, jika ikan terluka maka biasanya ikan tidak tahan diangkut dalam waktu yang relative lama. Cara memanen ikan dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Target panen yang biasa diharapkan adalah apabila :

Jumlah pakan atau apabila konversi pakan pakan 1,8-2. apabila perhitungan ini terpenuhi maka keuntungan akan diraih.

Memanen Ikan Mas Jaring Apung

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.