Pembesaran Ikan Lele Di Saluran Irigasi

Saluran irigasi dapat saja dimanfaatkan untuk pembesaran ikan lele dumbo asalkan memenuhi syarat dan memenuhi aturan-aturan dimasyarakat sekitar saluran. Kesepakatan dengan masyarakat penting, karena saluran irigasi merupakan sumber air bagi banyak masyarakat.

Usaha pemeliharaan ikan lele dumbo di saluran irigasi ini hanya untuk pembesaran saja, bukan untuk pembenihan. Hal ini sangat beralasan karena sangat riskan menebar benih yang berukuran sangat kacil. Ikan yang masih kecil sangat mudah terbawa aliran air.

Pembesaran ikan lele dumbo di saluran irigasi ini dapat dilakukan asal tersedia wadah pemeliharaannya, yaitu berupa karamba atau pagar penghalang dari bambu. Sementara benih yang dapat ditebar sebaiknya sudah berukuran 25 – 50 gram per ekor.

1. Karamba

Karamba untuk pemeliharaan ikan lele dumbo di saluran irigasi ada dua macam, yaitu karamba yang seluruh bagiannya terendam air dan karamba yang hanya sebagian saja yang terendam air. Bila menggunakan karamba yang sebagian saja terendam air, penempatannya sebaiknya diatur secara zig-zag atau selang-seling. Ini bertujuan untuk melancarkan aliran air dan membuat sampah tidak tertahan di karamba. Sebaiknya bila menggunakan karamba yang terendam seluruhnya, penempatannya tidak terlalu bermasalah karena aliran air akan terus bergerak. Gerakan air yang tidak terhalang karamba menyebabkan sampah akan mudah hanyut.

Oleh karena sifat dan kebisaan ikan lele dumbo yang cenderung melompat dan menentang arus air maka pada bagian depan karamba sebaiknya diberi tanggul. Tanggul ini berguna untuk memperlambat aliran air yang masuk ke dalam karamba.

Namun, di bagian atas karamba diberi empat buah cerobong ukuran 5 inci yang tingginya 10 cm melebihi permukaan air saat air pasang tertinggi. Tujuan pemasangan cerobong agar air dalam karamba mendapat oksigen langsung dari udara. Dengan adanya cerobong ikan lele dumbo yang dipelihara dapat mengambil oksigen dari udara.

2. Pagar Bambu

Pagar bambu dapat saja digunakan sebagai pembatas u tuk pemeliharaan ikan lele dumbo di saluran irigasi. Namun, penggunaan pagar bambu ini tentu saja harus selalu memperhatikan kondisi lingkungan irigasi terutama kelancaran aliran air.

Pembesaran Ikan Lele Di Saluran Irigasi

Lokasi pembuatan atau pemasangan pagar bambu pada saluran irigasi sebaiknya dipilih yang mempunyai teluk atau agak menjorok ke dalam. Ini di maksudkan agar pemagaran tidak akan mengganggu fungsi saluran irigasi. Namun, kalau tidak ada bagian saluran yang agak menjorok ke dalam atau salurannya lurus, pagar sebaiknya dibentuk setengah lingkaran. Bentuk pagar demikian memungkinkan aliran air akan selalu lancar dan sampah yang terbawa aliran air akan terus mengalir. Selain itu, pemagaran setengah lingkaran akan memberikan kederasan aliran yang sama dengan aliran di luar pagar sehingga ikan lele dumbo akan hidup tenang.

Lebar antar celah pagar sebaiknya disesuaikan dengan ukuran ikan lele dumbo yang akan dipelihara. Umumnya digunakan pagar dengan celah berukuran setengan ukuran kepala ikan. Bila dipelihara ikan berukuran 5-8 cm, lebar celah sebaiknya 0,5-1 cm, ukuran ikan 8-12 cm, celah pagar 1-1,5 cm dan ukuran ikan lebih dari 12 cm, celah pagar 2 cm.

Tinggi pagar sebaiknya melebihi ketinggian pematang saluran. Ini dimaksudkan agar jika terjadi hujan, tinggi air tidak akan melewati pagar. Bila tinggi air melewati tinggi pagar maka ikan dapat lolos atau lepas.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

One thought on “Pembesaran Ikan Lele Di Saluran Irigasi

  1. Pingback: Metode Pembesaran Ikan Lele | Penyedia Bibit Ikan Air Tawar Murah

Leave a Reply

Your email address will not be published.