Pemberian Pakan Lele Jangan Berlebihan

Ikan lele terkenal rakus dalam makanan, meskipun sudah kenyang kadang ikan lele masih ada yang nekad memakan makanan yang tersisa. Untuk menghindari perut meletus, saat anda memberikan pakan alangkah baiknya di tunggu sejenak, jika ada beberapa makanan yang terupung dan tidak di makan sebaiknya hentikan pemberian pakan.

Lele Sudah Kenyang

Ketika memberi pakan ikan lele, tentunya ikan lele akan menjadi kenyang. Ketika ikan lele sudah kenyang, sebaiknya kita hentikan memberi pakan ikan lele kita. Disamping membuang-buang pakan, memberikan pakan yang berlebihan dapat berakibat buruk bagi ikan lele. Endapan pakan ikan yang tidak termakan akan menimbulkan racun yang dapat menyerang ikan-ikan lele kita.

Endapan pakan ikan berpotensi menjadi racun amoniak yang bisa membunuh lele itu sendiri. Tanda-tanda lele sudah kenyang, diantaranya jika 25% lele yang berebut makan meninggalkan arena perebutan pakan.

Berikut adalah beberapa ciri ikan lele yang sudah kenyang:

  1. Riakan air akibat lele berebut makan mulai berkurang.
  2. Tersisa beberapa butir pelet terapung yang tidak segera dilahap.
  3. Ada butir pelet dalam waktu 3 menit tidak lilahap, atau lele malas-malasan ketika ditebar pakan.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.