Pemberian Hormon Nila Melalui Pakan

a. Sortasi Benih

Sortasi atau grading benih dilakukan pada larva yang siap diberi perlakuan hormon. Idealnya, larva telah berumur 5 hari dengan ukuran panjang 0,8 -1,3 cm. Sortasi bertujuan untuk mendapatkan larva yang seragam.

b. Mencampurkan Hormon dalam Pakan

Untuk membuat pakan berhormon, diperlikan 6 mg hormon methyl testoteron per kilogram pakan. Cara membuat campuran pakan sebagai berikut.

– Campur 6 mg hormon dengan 60 cc alkohol 70%. Setelah itu, campurkan 100 cc alkohol 90%.

– Semprotkan larutan menggunakan sprayer ke pakan atau pelet yang handak diberikan kepada larva.

c. Menyiapkan Kolam atau Hapa

Siapkan kolam untuk pemeliharaan. Bisa menggunakan kolam semen permanen maupun kolam tanah. Untuk kolam tanah, perlu disiapkan hapa untuk menampung larva ikan nila. Perlakuan dan persiapan kolam sama seperti persiapan kolam untuk pemijahan dan pembesaran.

d. Menebar Larva

Larva yang sudah diseleksi kemudian ditebar dalam bak atau hapa di dalam kolam. Idealnya, padat tebar sebanyak 1.000-2.000 ekor/m2.

e. Memberikan Pakan Berhormon

Pemberian pakan berhormon pada larva ini dilakukan selama  21 hari. Pemberian pakan dilakukan 3x setiap hari. Dosis pemberian pakan adalah 50% dari berat badan per hari pada minggu pertama. Setelah itu, diturunkan menjadi 30% dari berat badan per hari pada minggu kedua dan 20% dari berat badan pada minggu ketiga.

f. Melakukan Penjarangan Padat Tebar

Penjarangan dilakukan dengan cara mengambil atau mengurangi jumlah larva didalam suatu kolam. Selama pemberian pakan dilakukan penjarangan padat tebar selama tiga kali setiap minggu. Pada minggu pertama, padat tebar idealnya adalah 2.000 ekor/m2.. Pada minggu kedua 1.500 ekor/m2. Setelah itu, pada minggu ketiga 1.000 ekor/m2.

g. Membesarkan Benih Ikan Nila

Setelah 21 hari, benih dipanen dan dipindahkan ke kolam pendederan yang telah disiapkan. Padat tebar dalam masa pembesaran ini adalah 50 ekor/m2. Pelihara benih ikan nila selama 10 hari. Setelah itu, didapat benih ikan nila jantan dengan ukuran 3-5 cm.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.