Pasar Luar Negeri Mulai Gemari Ikan Hias

Diposkan oleh : / On Berita

Sudah hampir 13 tahun lamanya kawasan pantai selatan garut banyak yang menekuni bisnis ikan hias, tepatnya di daerah kecamatan cikelek garut. Usaha budidaya ikan hias masyarakat di sana termasuk salah satu bidang usaha yang patut di acungi jempol menurut saya. Yang paling saya anggap hebat adalah ikan hias di sana mampu menarik warga luar negeri dan bisa expor ikan hias.

Di lautan selatan garut tentunya sangat banyak macam ikan hias yang belum tentu bisa anda jumpai di perairan lain. Ke unikan ikan hias yang ada membuat beberapa peminat ikan hias dari manca negara melirik untuk di budidaya di sana.

Sedikitnya sekitar 150 jenis ikan hias yang biasa diperoleh para nelayan di Pantai Selatan Garut. Jenis ikan hias laut tersebut ditangkap para nelayan, karena banyak diminati para penggemar ikan hias.

Hal itu terlihat dari banyaknya pesanan ikan hias kepada nelayan di Kawasan Garut Selatan, seperti yang dialami salah satu warga di Kawasan Taman Manalusu.

Di tempat tersebut, tersedia berbagai jenis ikan, mulai dari Betok Neon, Politan, Blustone, Kepe Gajah, Kepe Nanas, Muray Bunga, Botana Strip, Botana Kasur, hingga Botana Bintang, dengan harga dari mulai puluhan ribu hingga jutaan rupiah per ekornya.

Bahkan, di tempat ini, ada pula binatang laut seperti Keong Tanduk, Keong Mata Sapi, Tripang, dan Lobster Mutiara.

Namun, saat ini, karena cuaca laut buruk, sehingga berpengaruh terhadap tangkapan ikan hias. Para nelayan juga kesulitan untuk menangkap ikan hias.

Sobri, salah satu pengusaha ikan hias, mengatakan ikan hias yang tergolong langka dan banyak peminatnya dengan harga jual tinggi, kini susah didapat.

Menurutnya, sejak beberapa bulan terakhir, ikan hias khas Pantai Selatan Garut mulai dilirik para kolektor, dari dalam dan luar negeri, terutama untuk jenis Botana Mutiara.

Dia menjelaskan, jika cuaca normal, para nelayan yang biasa menangkap ikan hias, setiap harinya bisa memperoleh hingga dua ribu ekor ikan hias. Tetapi, karena cuaca yang tak menentu seperti sekarang ini, nelayan hanya bisa memperoleh 200 hingga 500 ekor saja.

Dia menambahkan, ikan hias khas Pantai Selatan ini, kini telah diminati warga Bandung, Jakarta, Jepara, Banyuwangi, Bali, hingga luar negeri.

Sementara itu, Mazlan bin Abdurohim, pembeli ikan hias asal Malaysia, mengatakan dia sengaja datang ke tempat ikan hias yang ada di Garut Selatan ini lantaran ketertarikannya untuk memperoleh ikan hias yang tak biasa dijumpai di tempat lain.
Selain harganya terjangkau, ikan hias dari Pantai Selatan ini juga unik dan menarik. Anda tertarik? (Sumber : viva.co.id)

luar negeri tergila ikan hias[jawanet-review-rating name=”{{name}}” rating=”5″ bestrating=”5″]

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.