Pakan Untuk Budidaya Ikan Lele

Untuk hidup dan berkembangbiak, ikan lele me-merlukan pakan. Jenis pakan, ukuran dan jumlah pakan yang diberikan tergantung dari ukuran dan jumlah ikan lele yang dipelihara. Ada dua jenis pakan yang disukai ikan lele, yaitu pakan alami dan pakan buatan. Pakan alami merupakan mikroorganisme yang hidup di dalam air, seperti plankton (jasad renik yang melayang-layang dalam air), sedangkan pakan buatan adalah pakan yang dibuat oleh manusia atau pabrik pakan.

Karena ikan lele tergolong ikan karnivora atau pemakan daging, pakan yang diberikan, baik pakan alami maupun buatan harus mengandung protein yang tinggi tidak kurang dari 30%. Pakan buatan dalam bentuk pelet diberikan diberikan pada ikan lele yang telah berukuran agak besar, yakni 30 gram keatas. Sementara itu, ikan lele yang berukuran lebih kecil dapat juga diberi pakan pelet, tapi dalam bentuk tepung atau crumble (butiran kecil seperti pasir). Ukuran pakan buatan yang diberikan disesuai kan dengan bukaan mulut ikan lele.

Pakan Buatan

Pakan buatan merupakan makanan yang dapat di buat sendiri sehingga ketersediaannya dapat terjamin. Pakan buatan sangat dipengaruhi oleh kualitas pakannya. Oleh karena itu, untuk menjaga kualitas pakan diperlukan penyimpanan yang baik. Pakan buatan yang dikeluarkan oleh pabrik mudah diperoleh di toko-toko yang menjual pakan ikan. Harga pakan bervariasi. Biasanya tergantung dari kandungan protein dan pabrik pembuatnya.

Pakan buatan pabrik

Pakan yang diproduksi oleh pabrik dikenal dalam bentuk pelet dengan ukuran yang bervariasi. Pelet dapat dibuat dalam beragam bentuk, seperti batang, bulat atau gilik (bulat memanjang). Ukuran pelet bervariasi dari 1 milimeter, 2 milimeter dan 3 milimeter. Sampai saat ini di negara kita cukup banyak pabrik yang memproduksi pelet. Protein yang terkandung di dalam pelet juga bermacam-macam, dari 20 % sampai 35 % tergantung dari jenis ikan yang akan mengkonsumsi pelet tersebut. Ada dua macam pelet, yakni pelet terapung dan pelet tenggelam.

Pakan Ikan Lele Buatan Pabrik

Pelet terapung adalah pelet yang jika diberikan kepada ikan, beberapa saat akan terapung di atas air kolam dan bentuknya bulat. Sedangkan pelet tenggelam jika diberikan kepada ikan langsung tenggelam dan melayang di dalam kolam serta bentuk nya bulat memanjang (gilik).

Keunggulan menggunakan pakan buatan pabrik adalah :

  • Lebih mudah diperoleh dalam jumlah cukup, tepat waktu dan berkesinambungan.
  • Lebih tahan lama, minimum selama satu kali musim pemeliharaan sehingga pencariannya tidak perlu setiap hari.
  • Kandungan gizinya dapat diatur oleh pabrik yang bersangkutan dan disesuaikan dengan kebutuhan ikan yang akan diberi makan.
  • Bentuk dan ukuran pakan buatan dapat diatur sesuai dengan ukuran ikan atau umur ikan.
  • Daya tahan di dalam air dapat diatur dan disesuaikan dengan kebiasaan makan ikan.
  • Bau, rasa dan warna dapat diatur sehingga akan lebih menarik ikan-ikan yang diberi makan.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.