Pakan Lele Buatan Sendiri Ala Petani Minasari

Diposkan oleh : / On Budidaya

Budidaya ikan lele memang tidak bisa lepas dari borosnya pakan, apalagi untuk mengejar target, sangat di butuhkan pakan yang cukup banyak. Ikan lele juga di kenal spesies yang rakus. Jika tergantung dengan pakan buatan pabrik yang harganya sudah pasti mahal, ke untungan yang di peroleh petani tidak akan maksimal. Membuat pakan sendiri adalah solusi terbaik. Namun, peracikan pakan harus di lakukan hati-hati.

Terobosan ini coba di terapkan belasan anggota kelompok ikan minasari desa ketangi. Kecamatan purwodadi, purworejo. “Kami mencoba membuat pakan sendiri, beberapa musim budidaya terahir kami selalu membeli pakan buatan pabrik, sehingga berrdampak pada minimnya keuntungan,” ungkap sutrisno. Ketua kelompok tani ikan minasari pada tanggal 25-03-2014.

Harga pelet memang menjadi kendala budidaya. Petani harus membeli pakan buatan pabrik itu Rp. 11.000 per kilogram. Padahal untuk budidaya kurang lebih 3000 benih lele, di perlukan hingga 3 kwintal pakan. Artinya perlu biaya kurang lebih Rp. 3,3 juta untuk membeli pakan lele buatan pabrik.

Jika di hitung, lanjutnya, setiap 3.000 benih lele yang di tebar akan menghasilkan kurang lebih 270 kg lele dengan asumsi kegagalan 10%. Petani dapat memperoleh penghasilan kotor kurang lebih Rp. 4.050 juta dengan harga jual Rp. 15.000 perkilogram. Keuntungan bersih selama budidaya lele tiga bulan maksimal hanya Rp. 750.000. ” Biasanya maksimal jika kami tidak membeli bermacam obat-obatan atau vitamin. Kalau kegagalan sampai 25%, kami pasti rugi, tututr salah satu anggota minasari.

Produksi pakan buatan sendiri sangat terjangkau. Selain itu, sebagian komponen bisa di peroleh secara gratis dari lingkungan desa karena limbah. Untuk membuat satu paket atau 5 kilogram pakan, di butuhkan dedak halus, tepung tapioka, terigu, tepung ikan, tetes tebu. Kotoran itik dan dedak di dapatkan secara gratis dari beberapa anggota kelompok. Bahan tersebut di campur, di haluskan, dan di kukus. Petani menggiling adonan kemudian menjemur.

“Sekarang di hitung, untuk 3.000 lele butuh 300 kg atau 60 paket pelet, hanya Rp. 900.000 ribu untuk biaya pakan. Seandainya beberapa bahan tidak tersedia dan harus di beli, hasilnya pasti tetap masih lebih menguntungkan. Petani lain suparjo menambahkan, kurang lebih 4.000 lele tetap mau makan pakan butan kelompok. Lele tetap makan pelet meskipun tidak terapung. “Pakan buatan kami memang tenggelam, belum bisa seerti produksi pabrik, tetapi lele tetap makan katanya. Kepala desa ketangi, Ambyah Panggung Sutanto (25-03-2014), mengemukakan, pihak desa akan selalu terus mendorong agar para petani terus berinovasi memecahkan persoalan dalam budidaya lele. Lanjutnya, potensial di kembangkan di wilayah ketangi.

Bahan-bahan untuk membuat pakan lele

  • Dedak halus
  • Tepung tapioka
  • Terigu
  • Tepung ikan
  • Kotoran itik
  • Tetes tebu/gula.

Untuk 3.000 lele di butuhkan 300 kg pelet atau Rp. 900.000 untuk biaya pakan.

Pakan Lele Buatan Sendiri

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

2 thoughts on “Pakan Lele Buatan Sendiri Ala Petani Minasari

  1. Mas Anto

    Heru p

    Ijin share info berguna min : Sedia tepung Roti dari fresh kulit roti tawar. Side product/ bad stock fresh. Tidak repot sortir gula/selai. Non jamur. Lokasi pondok cabe, untuk kebutuhan sekitar tangsel, parung, gn sindur dan depok.
    Juga menyediakan basis dasar bahan baku pembuatan pakan ternak lainya seperti tepung kulit udang dan tepung ikan murni. juga menyediakan sosis bs pakan lele atau media tumbuh kembang belatung untuk pakan sebagai protein booster ikan.
    Kunjungi kami di sinarharapanpakanternak.blogspot.co.id/?m=1
    Cod lokasi/ loco gudang. PM. Hub : 081282940104/ 08987300699/ WA

    Reply
  2. Mas Anto

    Deni cen

    saya deni dari medan sumatra utara siap suplay dedek halus
    premium greade A super dengan harga pasaran dan untuk pengambilan
    banyak harga bisa di nego, silakan hubungi saya untuk barang contoh \
    di wa 0819 1991 2611

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.