Nila pada Kolam Air Deras

Sentra budidaya ikan nila sistem air deras terbesar berada di daerah Jawa Barat, dari dataran menengah hingga dataran tinggi. Misalnya, Cilamaya, Cianjur dan Sukabumi. Selain ikan nila, petani yang menggunakan sistem air deras ini biasanya memelihara ikan jenis lain, separti ikan mas,gurami,karper,bawal dan patin.

Ingin Pesan Benih Ikan Nila berkualitas Lihat Di sini.

Atau Baca artikel tentang Budidaya Pembesaran Ikan Nila Di Kolam apung (KJA)

Nila kolam air deras

Sistem pemeliharaan ikan nila sistem kolam air deras dinilai lebih intensif dibandingkan dengan sistem lain. Tempat pemeliharaan ikan untuk sistem kolam air deras biasannya sudah dibangun secara permanen atau semi permanen. Kolam permanen atau semi permanen ini berfungsi untuk menjaga keawetan kolam, khususnya tanggul di bagian pembuangan air. Jika tidak permanen, aliran air yang besar bisa merusak struktur kolam. Pasalnya, debit air yang masuk dan keluar sangat besar,kadang-kadang dapat mencapai lebih dari 5 liter/detik.

Kelebihan sistem pemeliharaan ikan nila sistem air deras sdalah ketersediaan air bersih yang sepanjang waktu. Kelemahannya, jika ada serangan penyakit, akan cepat menyebar lewat aliran air. Perbedaan sistem karamba jaring apung dan karamba tanam dibandingkan dengan kolam air adalah saat jeda setelah panen. Pada kolam air deras, setelah panen perlu mengeringkan kolam dan mengolah lahan kembali. Karena itu, ada tambahan biaya dan waktu dibandingkan dengan sistem KJA dan keramba bambu.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.