Merawat Indukan Lele Seperti Ibu Hamil

Kendala pembenihan lele yang sering dihadapi petani pembenihan ikan air tawar setiap tahun pada musim kemarau atau masa-masa bediding dapat diatasi dengan sistim pemeliharaan indukan lele yang menghasilkan telur seperti perawatan ibu hamil. Sedangkan untuk perawatan tetasan telur hingga siap ditebarkan di kolam pembesaran, menggunakan sekam padi.

Merawat Indukan Ikan Lele Seperti Ibu Hamil

Indukan Ikan Lele

Hal tersebut disampaikan Ketua Kelompok Tani Truno Joyo Wagiran menanggapi keluhan petani pembenihan lele yang dihubungi KR di Toyan, Desa Triharjo, Kecamatan Wates, Senin (3/8). Sebagian besar petani pembenihan lele mengeluh karena semenjak masa bediding gagal memproduksi benih lele.

Sebelumnya seorang petani pembenihan lele Kandar Abadi, warga Desa/Kecamatan Pengasih secara terpisah mengungkapkan semenjak masa bediding kesulitan memproduksi benih lele. Kondisis tersebut dihadapi setiap musim kemarau. Indukan lele tetap bertelur namun setiap menetas tingkat kematian benih cukup tinggi. “Sebenarnya untuk pembenihan lele dimusim kemarau dan musim hujan, masih tetap bisa. Sebagian besar petani pembenihan lele, kesulitan memproduksi benih pada masa bediding, Saya masih bisa memproduksi benih lele seperti biasa. Saya sudah membuktikan, di masa bediding setiap satu indukan lele dapat memproduksi benih sekitar 80 ribu lele”, kata Wagiran.

Petani ikan air tawar yang sudah puluhan tahun menggeluti budidaya lele dan gurame ini menjelaskan agar indukan lele tetap berproduksi telur yang akan ditetaskan menjadi benih, memberikan nutrisi makanan lengkap, layaknya makanan ibu hamil. Selain memberikan pelet, setiap 10 hari sekali memberikan makanan tambahan mengandung vitamin C dan B komplek.

Kemudian memberikan makanan tambahan seperti usus ayam, keong atau bekicot, ikan laut direbus, diberikan satu minggu sekali. Dengan memberikan nutrisi lengkap terhadap indukan lele, menghasilkan telur yang akan ditetaskan menjadi benih memiliki ketahanan terhadap goncangan suhu udara.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.