Menyiapkan Kolam Pemijahan dan Pendederan Ikan Nila

Untuk memijahkan ikan nila dibutuhkan minimun dua kolam, yakni kolam pemijahan dan kolam pendederan. Kolam pemijahan digunakan untuk memijahkan indukan (menyatukan indukan betina dan jantan hingga terjadi pembuahan telur sampai induk betina mengerami telur dan larva). Sementara itu, kolam pendederan digunakan sebagai tempat memelihara larva hingga siap tebar ke kolam pembesaran.

Skala ideal yang sering digunakan petani dalam memijahkan nila adalah  sebanyak 300 ekor betina dan 100 ekor pejantan. Induk nila sebanyak ini biasanya dipijahkan dalam kolam seluas 400 m2.

Standar kolam pemijahan

  1. Luas kolam 400 m2
  2. Kedalaman air 100 cm
  3. Debit air minimun 1 liter per detik

Standar kolam penampung larva

  1. Luas kolam 200-500 m2
  2. Kedalaman air hingga 50-70 cm
  3. Debit air minimun 1 liter per detik

Peralatan

  1. Hapa 2x2x1 meter3 (mesh ukuran 1-1,5 mm)
  2. Seser benih 0,2 x 0,4 m2 (mesh ukuran 1-1,5 mm)
  3. Ember plastik
  4. Scoop net dan lambit

Berikut kegiatan yang perlu dilakukan pada kolam dan lahan sebelum proses pemijahan dan pendederan.

1. Mengeringkan kolam selama minimun satu minggu untuk mencegah adanya hama, penyakit dan jamur.

2. Mencangkul lahan dengan cara membalik lumpur untuk membantu mematikan hama diseluruh bagian, khususnya dasar kolam yang berlumpur.

3. Memeriksa derajat keasaman (pH) tanah. Tambahkan kapur sebanyak 100 gram per m2 untuk menetralkan derajat keasaman tanah.

4. Memupuk lahan untuk meningkatkan kesuburan tanah. Pupuk yang diberikan dapat berupa pupuk kandang dari kotoran sapi, ayam atau puyuh dengan dosis 250 gram/m2. Pupuk ditebar dilahan, lalu dicangkul hingga mendapatkan ketebalan lumpur sekitar 20 cm.

5. Memperbaiki pematangan atau tanggul sambil mendeteksi jika terjadi kebocoran. Selain itu, perlu dibuatkan kamalir (selokan untuk mengumpulkan ikan) dengan arah membujur diagonal dari saluran masuk air ke saluran pembuangan air kolam.

6. Menambahkan air hingga ketinggian 70-100 cm, lalu membiarkannya selama seminggu sebelum ditebar indukan. Pasang saringan kawat kassa berdiameter 0,5 mm di pipa saluran pemasukan untuk menghindari masuknya ikan-ikan kecil atau telur ikan predator yang dapat memangsa larva.

Kolam pemijahan ikan nila

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.