Menyiapkan Ikan Cupang Untuk Kontes

Diposkan oleh : / On Cupang

Kontes cupang semakin marak akhir-akhir ini, hampir setiap bulan dapat dijumpai kontes cupang hias dikota-kota besar Indonesia. Pesertanya dari anak-anak hingga orang dewasa, baik pemula maupun pemain yang sudah sangat berpengalaman. Kontes cupang menjadi ajang untuk memamerkan koleksi cupang terbaik yang dimiliki oleh para hobiis. Pada kontes cupang setiap peserta telah menyiapkan cupangnya melalui pemilihan bakalan, perawatan, pemberian pakan, hingga pengemasan untuk dibawa ke arena kontes. Cupang hias untuk tujuan di konteskan biasanya dirawat secara khusus selayaknya jagoan yang hendak berlaga.

Pada kontes cupang bertaraf internasional dipakai standar yang dibuat oleh International Betta Congress (IBC). Standard IBC mencakup penilaian atas dasar bentuk fisik dan warna. Penilaian dilakukan oleh juri yang bersertifikat. Peranan juri sangat penting dalam suatu kontes. Berhasil tidaknya suatu kontes tergantung kepada keandalan sang juri menilai cupang yang dilombakan, kejujuran dan integritas sang juri. Juri yang tidak fair dapat dikenakan sanksi berupa pencabutan sertifikat dan tidak diperkenankan untuk menjadi juri dalam arena kontes yang diselenggarakan oleh IBC.

Mempersiapkan Cupang Untuk Kontes

Jual Ikan Cupang Halfmoon Kualitas Baik Klik Di Sini

Kontes-kontes nasional yang diselenggarakan oleh InBS akhir-akhir ini sudah mulai mengacu kepada standar internasional. Peserta mulai terbiasa dengan standar yang dipakai dan cupang yang diikutsertakan kontes mulai sesuai dengan standar yang diinginkan. Namun, masih ada pekerjaan rumah bagi masyarakat percupangan nasional untuk dapat membuat suatu standar yang dapat dipakai bersama secara nasional dengan juri yang juga disertifikakasi secara nasional. Adanya standar nasional dan sertifikasi juri diharapkan melahirkan kontes-kontes cupang nasional yang memiliki kualitas penilaian yang sama dan pada gilirannya kontes cupang dapat semakin berkembang di seluruh Tanah Air.

Umumnya tujuan kontes cupang diadakan untuk memamerkan cupang terbaik yang dimiliki oleh para hobbiis dan jenis-jenis baru yang belum dimiliki oleh peserta yang lain. Adanya kontes cupang hias diharapkan menjadi promosi agar cupang semakin dikenal masyarakat luas bukan hanya sebagai ikan aduan, melainkan juga dinikmati keindahannya seperti ikan hias lainnya. Bagi para peserta, keikutsertaan mereka dalam kontes mempunyai tujuan yang beragam, seperti ingin memamerkan ikan yang terbaiknya, mencari ketenaran apabila bisa menjadi juara, tujuan bisnis, hingga sekadar bersenang-senang, berkumpul bersama penggemar cupang hias lainnya.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.