Mengenal lebih jauh ikan nila

Ikan nila atau tilapia bukanlah ikan asli indonesia, ikan nila asli dari perairan sungai nil afrika, namun secara resmi ikan nila tidak masuk dari afrika melainkan dari taiwan. Nama nam nila di ambil dari kata latin yakni nilotica yang mengacu pada ikan ini, yaitu sungai nil, di luar negeri ikan nila biasa di sebut nile atau tilapia. Berikut ini penggolangan klasifikasi ikan nila:

  • Filum : Chordota
  • Subfilum :  Vertebrata
  • Kelas : Pisces
  • Subkelas : Achanthopterigii
  • Ordo : Perciformes
  • Familia : Cichlidae
  • Genus : Oreochromis
  • Spesies : Oreochromis niloticus

Ikan nila masuk ke indonesia sekitar tahun 1969, saat itu pemerintah melalui balai perikanan air tawar(balitkanwar) mendatangkan dan menyebar luaskan ikan nila sebagai ikan konsumsi air tawar. Secara resmi, nama nila mulai digunakan sebagai nama spesies di indonesia sejak tahun 1972. Setelah itu melalui penelitian ahirnya di hasilkan berbagai macam ikan nila strain yang di hasilkan oleh pemerintah indonesia.

Morfologi ikan nila

Secara umum ikan nila masih kerabat dekat ikan mujair. karakteristik pada beberapa strain ikan nila juga ada yang mirip dengan ikan mujair. Bahkan masih ada masyarakat yang belum bisa membedakan antara nila hitam dan mujair. Perbedaan utama ikan nila dan ikan mujair sebenarnya dapat di lihat dari bentuk tubuhnya. Bandingkan panjang dan lebar ke dua ikan tersebut. Lebar ikan nila biasanya sepertiga dari panjang tubuhnya, sedangkan ikan mujair setengah dari panjang tubuhnya.

Contoh pada gambar di bawah ini:

Nila dan mujair

Nila

Ikan mujair konsumsi

Ikan mujair

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.