Mengenal Ikan Gabus Atau Kuthok

Diposkan oleh : / On Budidaya

Tubuh ikan gabus berbentuk silinder yang memampat di bagian depan. Kepala pipih dan agak cembung di bagian atasnya. Warna tubuhnya kehijauan, kecokelatan, hingga kehitaman di bagian punggung; putih, krem atau coklat muda di bagian perut. Panjang ikan gabus bisa mencapai 90 cm, bahkan lebih.

Sepintas, ikan gabus mirip ikan lele. namun, jika diamati seksama ternyata bedanya cukup menyolok. Lele memiliki tubuh yang licin, sedangkan ikan gabus tubuhnya agak kasar. Selain itu, ikan gabus tidak memiliki sirip yang tajam (Patil) seperti halnya ikan lele. Dari warnanya pun kita dapat membedakan antara lele dan gabus.

Sirip punggung ikan gabus memanjang mulai dari tengkuk hingga pangkal ekor. Sirip duburnya juga memanjang mulai dari dekat dubur hingga ke pangkal ekor.

Ikan gabus ditemukan di sungai, rawa dan kadang-kadang di air payau berkadar garam rendah. Sebagai keluarga pangasidae, ikan gabus tidak membutuhkan perairan yang mengalir untuk membongsorkan tubuhnya. Pada perairan yang tidak mengalir dengan kandungan oksigen rendah pun sudah memenuhi syarat untuk membesarkan ikan gabus. Ikan gabus juga sanggup hidup dalam air kotor, bahkan dengan hanya terbenam dalam lumpur.

Ikan gabus cocok dibudidayakan dalam kolam, sawah dan perairan umum. Ia dapat berkembangbiak dikolam tanpa perlakuan khusus. Ikan gabus dewasa kelamin setelah berusia dua tahun.

Di alam, ikan gabus bertelur sekitar bulan Januari-Mei. Induk ikan menyiapkan sarang dari potongan tanaman air ditepi kolam. Telur dijaga oleh pejantan. Diameter telur yang terbuahi adalah 1,25-1,5 milimeter. Larva akan menetas dalam tiga hari. Kemudian, induk ikan menjaga anaknya hingga mampu mencari makan sendiri.

Ikan gabus cukup responsif terhadap pemberian makanan tambahan. Melihat besar tubuhnya, dapat diperkirakan bahwa ikan ini cukup rakus terhadap makanan. Larva dan anak ikan muda memakan ganggang dan protozoa; gabus muda memakan Crustacea kecil, sedangkan yang dewasa bersifat karnivora sehingga bisa memakan ikan lain dalam kolam.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.