Mencegah Penyakit Ikan Lele Lebih Baik Dari Pada Mengobati

Sebagian besar penyakit pada ikan lele disebabkan oleh kualitas air dan lingkungan yang “buruk”. Menjaga kualitas air, kualitas lingkungan dan manajemen pakan yang baik dari sisi mutu, jumlah dan waktu pemberian merupakan cara murah untuk mencegah timbulnya penyakit.

Mencegah penyakit ikan lele lebih baik

Menambah Kekebalan

Terdapat 2 cara menimbulkan kekebalan :

  1. Pemberian imunostimulator biasanya berupa ramuan herbal seperti ekstrak daun papaya, bawang putih, daun jambu, rumput teki, daun sirih, daun sirsak dll. zat imunostimulator adalah agen kimia yang mampu meningkatkan daya tahan/kekebalan lele terhadap infeksi yang diakibatkan oleh bakteri.
  2. Pemberian Vaksin untuk mempersiapkan sistem kekebalan spesifik ikan untuk bertahan terhadap serangan bakteri atau virus tertentu.

Manfaat Vaksinasi Ikan Lele

  • Untuk menurunkan tingkat kematian (mortalitas) akibat serangan bakteri.
  • Menghindari penggunaan antibiotic (sekarang tidak dianjurkan lagi) sehingga juga mencegah resistensi beberapa pathogen terhadap antibiotik.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.