Memilih Indukan Ikan Nila Berkualitas

Tips Memilih Indukan Ikan Nila Berkualitas bagus di butuhkan saat pemijahan ikan nila. Indukan sebaiknya memiliki asal usul yang jelas, terutama jenisnya atau strain. Induk ikan nila yang berkualitas ( Strain murni atau induk pokok ) bisa di dapatkan dari balai penelitian benih atau UPTD perikanan yang ada di setiap kabupaten masing-masing daerah. Berikut beberapa syarat Memilih Indukan Ikan Nila Berkualitas baik.

1. Indukan nila jantan maupun betina harus sudah benar-benar matang gonad, ciri-cirinya sudah berumur sekitar 5-6bulan, sisik teratur perilaku yang normal, tubuh tidak di tempeli parasit, tidak menunjukan adanya gejala penyakit klinis, tutup insang normal, berlendir normal serta induk betina biasanya perutnya membesar dan urogenitalnya berwarna merah.

2. Untuk pematangan gonad, ikan nila bisa di tebar terpisah dengan padat tebar 1-2 ekor/meter di beri pakan dengan kandungan protein 20 – 30 %. Setelah 20 -30 hari, lebih dari 75% ikan harusnya sudah matang gonad dan siap di pijahkan.

3. Bobot induk jantan minimum 250 gram dan betina minimum 200 gram. Panjang standar indukan ikan nila 25 cm untuk jantan, dan 22 untuk betina.

4. Kondisi sisik besar dan kasar (ctnoid). Indukan mempunyai pola sisik yang normal.

5. perbandingan antara tinggi dan panjang standar indukan adalah 1:2,1 hingga 1:2,7.

Idealnya, dalam memijahkan ikan nila di butuhkan induk betina dan jantan dengan perbandingan 3:1. Artinya tiga ekor betina dengan satu ekor pejantan. Padat tebar ideal adalah 3 ekor/meter.

Penampungan indukan nila

Ciri-ciri indukan nila jantan

  • Tubuh membulat
  • Warna cerah
  • Sirip berwarna kemerahan
  • gerakan lincah
  • Satu buah lubang kelamin memanjang.
  • Jika di pijit lubang kelaminnya keluar cairan putih bening.

Ciri-ciri indukan nila betina

  • Tubuh memanjang
  • Warna agak kusam
  • perut agak gendut
  • Gerakan lamban
  • Memiliki dua lubang kelamin berbentuk membulat berfungsi sebagai lubang telur dan lubang ekskresi.

Banyak cara yang di lakukan oleh petani untuk pemijahan nila, artikel ini sebagai pedoman dasar Memilih Indukan Ikan Nila Berkualitas baik agar semua di lakukan dalam budidaya bisa seperti yang di hasilkan, maka semua harus di teliti. Serta kesabaran dalam merawat sangat penting karena yang di pelihara adalah nyawa hidup.

Semoga dengan sedikit pengetahuan yang kami share bisa bermanfaat bagi semua rekan-rekan pembudidaya semua.

 

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.