Membesarkan Ikan Gabus Dalam Kolam

Diposkan oleh : / On Budidaya

Di daerah yang sesuai dengan tempat hidupnya, ikan gabus tumbuh subur, baik diperairan umum maupan kolam-kolam peliharaan. Ikan gabus juga hidup subur di setiap genangan air, selokan rumah, rawa, dan lain-lain.

Tentunya akan lebih baik jika ikan gabus sengaja dibudidayakan. Memelihara dan membudidayakan ikan mudah dan tidak memerlukan biaya yang besar. Jika dipelihara dengan baik, hasilnya pun akan melimpah dibandingkan dibiarkan begitu saja atau tumbuh secara alami tanpa campur tangan manusia.

Penyiapan Kolam

Kolam ikan gabus sebaiknya direkayasa sedemikian rupa agar punya pintu pemasukan dan pembuangan air serta ada kemalir di dasar kolam. Sebelum diisi air, kolam harus diberi pupuk agar bisa merangsang pertumbuhan atau munculnya phytoplankton, tumbuhan air, dan organisme lain yang bisa menjadi makanan alami bagi ikan.

Pupuk yang diberikan bisa berupa pupuk kandang dan pupuk hijau.

Pupuk Kandang

Pupuk kandang adalah pupuk yang berasal dari kotoran hewan. Penadaan upuk ini tentunya tidak membutuhkan biaya yang besar, karena kita tidak dapat memerolehnya di peternakan.

Cara pemberian pupuk kandangadalah sebagai berikut :

  • Tebarkan pupuk secara merata didasar kolam yang masih kering.
  • Isilah kolam dengan air sehingga pupuk terendam. Biarkan selama beberapa hari.

Beberapa hari kemudian, di dalam kolam akan tumbuh (muncul) phytoplankton, tumbuhan air, dan beberapa organisme lain.

Tahap selanjutnya, isilah kolam dengan air lagi hingga 1/2 sampai dengan 3/4 bagian kolam.

Pupuk Hijau

Pupuk hijau adalah pupuk yang berasal dari tanaman dan sisa makanan.

Penebaran pupuk hijau berbeda dengan pupuk kandang.Pupuk hijau tidak ditebar di kolam pemeliharaan ikan, akan tetapi diletakkan dibak tersendiri. prosesnya adalah sebagai berikut :

  • Masukkan pupuk hijau di bak penampungan. Bak tersebut terletak di antara bak pemeliharaan ikan dengan saluran pemasukan. Jadi, air yang masuk ke dalam bak pemeliharaan harus melalui bak penampungan.
  • Tutuplah saluran yang menghubungkan bak penampungan pada bak pemeliharaan ikan.
  • Bukalah saluran pemasukan air ke bak penampungan. Dengan demikian, air akan memenuhi bak penampugan dan pupuk hijau akan terendam air. Terjadilah proses pembusukan. Akhirnya, tumbuhlah phytoplankton dan tumbuhan air.

Penebaran Ikan

Setelah dilakukan pemupukan dan kolam dibiarkan dalam beberapa hari , setelah itu benih ikan gabus siap ditebar dikolam. Untuk itu, kita harus memindahkan benih dari kolam pemijahan ke tempat pembesaran.

Penebaran benih sebaiknya dilakukan pada pagi hari menjelang matahari terbit. Sebelum ikan ditebar, terlebih dahulu diadakan penyesuaian suhu. Caranya, kantung yang berisi benih ikan dimasukkan ke dalam kolam. Biarkan selama beberapa saat.

Kemudian, kantung dibuka dan dibiarkan air kolam masuk ke dalam kantung. Lalu, benih akan segera bertebaran keluar kantung menuju kolam yang luas.

Benih ikan gabus sebaiknya diberi pakan komersial dengan kandungan protein 23,13%. Pakan diberikan dua kali sehari, yakni pagi dan sore, masing-masng 1,5% dari berat benih ikan gabus. Biasanya banih ikan gabus dari pemijahan memiliki berat rata-rata 80 gram/ekor dan ukuran padat tebar sekitar 75 ekor per meter kubik. Hasil percobaan menunjukkan bahwa dengan menggunakan pakan komersial tersebut dapat memberikan hasil yang lebih menguntungkan.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

One thought on “Membesarkan Ikan Gabus Dalam Kolam

  1. Mas Anto

    Anonymous

    minta alamat mas anto ya?kalau bisa denah lokasi biar mudah mencarinya.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.