Manfaatkan Terpal Untuk Budidaya Ikan

Diposkan oleh : / On Budidaya

BANGUNTAPAN (KR) – Memanfaatkan terpal yang didapatkan ketika terjadi gempa bumi lalu, masyarakat Salakan Potorono Banguntapan Bantul yang tergabung dalam Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) Utomo Lele membangun kolam ikan lele dengan menggunakan terpal.

Menurut Pengurus Pokdakan Utomo Lele, Pedro dan Imam, dengan menggunakan terpal yang sudah ada maka cukup meringankan beban para anggota.

Karena untuk membuat kolam hanya membutuhkan bambu sebagai penyangga kolamnya. Hingga sekarang ini anggota Pokdakan Utomo Lele ada 10 orang dengan jumlah kolam ikan lele sebanyak 17 kolam.

Hasil budidaya ikan lele dengan kolam terpal ini, menurut Pedro cukup menjanjikan, karena ikan lele sudah dapat dipanen pada usia sekitar 60-70 hari, dengan harga jual Rp 10 ribu per kilogram. Ikan hasil panenan selalu habis diambil para penjual pecel lele yang banyak terdapat di wilayah Bantul dan sekitarnya. Sehingga para anggota Pokdakan Utomoo Lele tidak khawatir dengan pemasarannya.

“Setiap hari kita mampu menjual sekitar 75 kilogram ikan lele yang diambil para penjual pecel lele di sekitar Bantul, Yogya dan Sleman. Bahkan kadang-kadang kita kewalahan melayani pembeli, karena stok ikan kurang. Namun dalam waktu dekat ini, kita akan menambah sekitar 20 kolam lagi, sehingga bisa memenuhi permintaan,” ujar Pedro.

Menurut Pedro, untuk bibit lele diambil dari jenis lele Sangkuriang dengan panjang 35 cm. Bibit tersebut dibesarkan di kolam terpal dengan ukuran 2×4 m dengan kedalaman air sekitar 50 cm untuk jumlah ikan sebanyak 1.500-2.000 ekor. Sebelum bibit ikan ditaburkan, maka air diberi biotek, kotoran ayam dan kompos, agar timbul plankton yang nantinya sebagai makanan lele.

Untuk makanan lele cukup diberi pelet setiap pagi dan sore hari. Untuk lele usia 0-15 hari diberi pelet lembut, usia 15-30 hari diberi pelet 781-2 dan usia 30-70 hari diberi pelet 781.

Manfaatkan Terpal Untuk Budidaya Ikan

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.