Manfaatkan Lahan Sempit Untuk Budidaya Lele

Sudah banyak sekali penjelasan mengenai budidaya ikan lele pada lahan sempit dan mungkin anda sendiri sudah melakukannya πŸ˜€ , jika anda sudah menjadi pelaku budidaya lele pada lahan sempit sebaiknya anda tinggalkan komentar tentang pengalaman anda, agar bisa di buat pelajaran pembaca lain. Di salah satu daerah jogja ada juga lho nekat buat kolam di teras rumah, itu karena sudah kehabisan lahan. Rata-rata budidaya pembuatan kolam pada lahan yang minim ini menggunakan terpal.

budidaya lele kolam terpal lahan sempit dalam rumah

Metode seperti ini diupayakan semaksimal mungkin pemanfaatan tempat sempit yang sudah tidak terpakai atau nganggur. Contohnya nya halaman rumah, kontrakan kosong, punya rumah tak berpenghuni yang, atau yang lain lah yang bisa dimanfaatkan. Alat dan bahan yang digunain juga tidak bersifat tetap, cukup menggunakan terpal aja dan bahan-bahan kecil lainnya yang pastinya mudah ditemui disekitar kita. Didapat sumber yang terpercaya, bahwa perbandingan untuk pemanfaatan budidaya lele di tempat sempit dengan kolam konvensional yang selama ini dipakai oleh kebanyakan orang berkisar 2 : 6. Yang dapat diartikan, 2 m2 kolam terpal sama dengan 6 m2 kolam konvensional biasa.

Budidaya lele dengan penggunaan kolam terpal semacam ini sangat cocok buat anda yang memiliki tempat yang bisa dibilang sangat sempit, apalagi yang hidup didaerah padat orang-orang berkeliaran. Metode seperti ini ternyata gak hanya untuk yang berkemampuan terbatas (tempat dan uang). Dalam upaya meningkatkan hasil panen produksi dan untuk meminimalisir risiko gagal atau kematian benih, metode budidaya seperti ini akan digunakan alat pembantu yaitu aerator.Β  Aerator adalah mesin pembuat gelembung udara yang fungsinya untuk peningkatan kadar oksigen dalam air.

aerator kolam terpal

Aerator

Menggunakan aerator ini ternyata juga dapat digunakan untuk merangsang peningkatan nafsu makan bibit lele yang masih berumur di bawah 25 – 30 hari. Dengan kata lain bibit lele akan lebih cepat gede dan membesar dibandingkan dengan metode budidaya konvensional yang biasanya. Selain yang disebutkan tadi, ternyata masih ada manfaat lain yaitu waktu dalam pemanenan akan jauh lebih cepat. Dengan menggunakan metode seperti ini, saat bibit atau benih lele berumur 30 – 40 hari, benih lele tadi sudah dapat dipindahkan ke kolam untuk dibesarkan atau pun juga bisa di jual untuk keperluan bisnis bibit lele.

Di kolam pembesaran nanti, bibit lele usia 30 – 40 hari tidak perlu lagi diberi bantuan aerator atau mesin gelembung, hal ini dikarena bibit lele itu sudah harus dilatih dan sudah cukup kuat dalam mempertahankan hidupnya sendiri. Namun, kebersihan air di dalam terpal harus selalu dijaga agar nafsu makan benih lele atau lele kecil tetap terjaga sehingga lele bisa lebih cepat.

Budidaya ikan lele di tempat yang sempit memanfaatkan penggunaan media berupa kolam terpal, selain harganya yang sangat terjangkau, kolam seperti ini juga mudah dalam pembuatannya. Ukuran pembuatan kolam yang digunakan tergolong kecil. Kolam yang digunakan untuk pembesaran dan perkawinan benih lele ukurannya relatif sama, yaitu kurang lebih sebesar 4 x 2 meter, 2 x 4 meter, 3 x 4 meter, dan lain sebagainya sesuai tempat atau lahan yang andaΒ  miliki. Tetapi khusus untuk indukan yang mempunyai ukuran sedikit besar, disarankan kolam perkawinan mempunyai ukuran minimum 3 x 2 meter.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

One thought on “Manfaatkan Lahan Sempit Untuk Budidaya Lele

  1. Mas Anto

    Danu adji

    Mantap pak informasinya, tapi yang mau saya tanyakan, amankah kolam seperti itu jika umur lele sudah 2- siap panen ?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.