Lele Lokal Yang Gurih

Diposkan oleh : / On Masakan Ikan

Lele lokal merupakan ikan asli perairan Indonesia. Istilah lokal digunakan untuk membedakannya dengan ikan lele jenis lain, terutama lele Jumbo. Namun demikian, ada juga sebagian orang yang menyebutnya dengan sebutan lele saja. Sesuai dengan namanya, ikan lele lokal sudah sejak lama menjadi penghuni perairan air tawar diberbagai daerah di tanah air.

Sebagai ikan asli periran Indonesia, tentu saja ikan ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat. Bahkan, setiap daerah memiliki panggilan tersendiri untuk menyebut namanya. Saat ini, kegiatan pembudidayaan lele lokal tampak semakin banyak dan berkembang pesat. Hal ini didukung oleh aspek teknis pembudidayaannya yang menunjukkan perubahan ke arah yang lebih baik, sehingga semakin mudah diterapkan . Selain itu, di pasaran lele ukuran konsumsi, memiliki konsumen fanatik dalam jumlah yang tidak kecil.

Dari segi rasa dagingnya, setiap orang dengan begitu mudah dapat membedakan rasa daging lele lokal dengan rasa daging lele yang bukan lele lokal. Selain enak dan gurih, daging lele lokal juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dibandingkan dengan daging ikan-ikan air tawar lainnya. karena itu, tidak mengherankan jika banyak rumah makan dan restoran yang menyajikan ikan lele sebagai menu utama. Bahkan lele yang dijual dalam bentuk “pecel lele” sudah sangat banyak disajikan diwarung-warung nasi dipinggir jalan. Selain digoreng, lele lokal juga dapat diolah dengan cara dipepes, digoreng atau dibuat “asam pedas” ala rumah makan padang.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

One thought on “Lele Lokal Yang Gurih

Leave a Reply

Your email address will not be published.