Lele Dan Patin, Penggerak Ekonomi Rakyat

Diposkan oleh : / On Budidaya

Menteri perikanan dan kelautan menyatakan, lele dan patin sebagai komoditas ikan yang sangat potensial di kembangkan, di harapkan benar-benar bisa menjadi tuan rumah yang baik bagi negeri nya sendiri. Untuk itu di perlukan berbagai kebijakan dan langkah yang terintegrasi, dari hulu ke hilir.

Pemilihan fokus pada lele dan patin merupakan langkah strategis, karena ke dua komoditas tersebut telah banyak di kenal luas masyarakat serta sangat potensial untuk menggerakkan perekonomian rakyat, “Tandas menteri kelautan dan perikanan”.

Menteri kelautan dan perikanan mengatakan, lele dan patin juga sangat potensial untuk di kembangkan guna menunjang ketahanan pangan dan gizi masyarakat, khususnya dalam upaya mendukung kemandirian sumber protein hewani.

Saat ini tingkat konsumsi ikan masyarakat nasional masih berkisar 28kg/ kapita/pertahun. Angka tersebut masih di bawah anjuran yakni minimal 31,4 kg/kapita/tahun. Kondisi ini juga mengandung makna pasar ikan dalam negeri masih bisa di kembangkan lagi dan membuka peluang bagi seluruh segmen masyarakat untuk berpartisipasi.

Introduksi pecel lele sebagai menu masakan khas jawa timur telah berhasil menaikan popularitas ikan lele di berbagai daerah di seluruh nusantara indonesia. Karena itu kita patut mengapresiasikan kepada penjual pecel lele, yang telah mendongkrak perkembangan lele di dalam negeri.

Sedangkan mengenai ikan patin, menteri perikanan dan kelautan mengatakan, patin di pasar dalam negeri juga berkembang sangat baik. Kendati demikian perlu di cermati peran negara tetangga Vietnam yang telah lebih dulu berhasil mengembangkan ikan patin secara efisien dan berhasil masuk ke pasar dunia.

Patin dan lele sangat potensial

 

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.