Lama frekuensi, Dan Dosis Pengobatan Ikan

Lamanya pengobatan ikan sangat bervariasi, tergantung jenis obat dan dosisnya. Lama pengobatan bisa dalam hitungan, menit, jam, sampai hari. Hal tersebut di sesuaikan dengan jenis parasit dan ketahanannya terhadap obat. Pengobatan dengan obat yang memiliki daya racun tinggi dengan dosis yang tinggi pula biasanya tidak memerlukan waktu lebih dari 10 menit. Konsentrasi dan lamanya pengobatan tersebut harus di pertimbangkan agar obat secara efektif mampu mematikan parasit, tetapi tetap aman bagi ikan. dengan demikian, jenis obat, konsentrasi, lama pengobatan serta jenis parasit yang di berantas sangat berpengaruh terhadap efektivitas pengobatan ikan.

Frekuensi pengobatan ikan sebenarnya tidak memiliki frekuensi lama yang pasti. Tetapi berpatokan selama parasit masih atau belum hilang pengobatan tetap berjalan dan berulang sampai ikan benar-benar sembuh. Frekuensi yang di anjurkan biasanya antara 1 – 3 kali dan sampai sembuh.

Dosis pengobatan sebaiknya bertanya pada rekan atau orang yang berpengalaman di bidang ikan, atau menuruti petunjuk yang tertera pada petunjuk yang ada ( jika beli di toko). Perlu di perhatikan jangan mengurangi resep atau menambah dosis dari anjuran jika anda belum paham betul tentang efek dari obat tersebut. Hal tersebut sangat berbahaya karena parasit bisa tidak mati. Bahkan kalau terbiasa begitu akan tumbuh parasit baru yang sudah kebal dengan jenis obatnya. Demikian sebaliknya bila pengobatan di tinggikan dari anjuran, parasit pasti mati, tetapi belum tentu aman bagi ikan. Untuk itu pengetahuan untuk meracik obat-obatan yang tepat dan benar harus betul-betul di pahami.

Satuan dosis yang di gunakan dalam mengobati penyakit ikan biasanya adalah PPM (Part Per Milion) atau mg/liter. Perhitungannya sangat mudah khususnya dalam membuat satu larutan obat yang berasal dari bahan berbentuk serbuk atau butiran. Misalnya akan membuat obat 10 PPM. Bahan obat yang tersedia adalah PK. Untuk itu, timbang saja 10 mg PK kemudian larutkan atau campurkan dengan 1liter air bersih atau 10 g PK dengan 1.000 Liter air bersih. begitu pula dengan obat kimia lainnya. Asalkan berbentuk tepung/serbuk, perhitungannya sama.

Bila bahan baku obat berbentuk cairan atau emulsion maka perhitungannya lain lagi, harus menggunakan rumus berikut:Frekuensi Pengobatan Ikan Sakit

 

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

One thought on “Lama frekuensi, Dan Dosis Pengobatan Ikan

  1. Pingback: Cara Mengobati Ikan Sakit Modern | Penyedia bibit ikan air tawar murah

Leave a Reply

Your email address will not be published.