Kolam Untuk Benih Ikan Mujair

Pembibitan ikan mujair dapat dilakukan dengan 3 cara, yaitu sistem satu kolam, sistem dua kolam dan sistem platform.

1. Sistem Satu Kolam

Pada sistem ini, kolam pemijahan atau kolam pembenihan disatukan dengan kolam pendederan atau pemeliharaan burayak sebagai anak ikan mujair. Setelah dilakukan persiapan media pembibitan, tebarkan induk jantan dan betina dengan perbandingan 1:2 atau 1:4 dengan jumlah kepadatan 2 pasang untuk tiap meter persegi. Pemanenan dilakukan setiap dua minggu sekali.

2. Sistem Dua Kolam

Pada sistem ini, proses pemijahan dan pendederan dilakukan pada kolam terpisah, dengan perbandingan luas kolam pemijahan dengan kolam pendederan adalah 1 : 2 atau 1 : 4. Dasar kolam pendederan harus lebih rendah dari dasar kolam pemijahan agar aliran air cukup deras mengalir dari kolam pemijahan ke kolam pendederan. Pada pintu kedua kolam tersebut dipasang saringan kasar agar hanya anak-anak ikan saja yang dapat lewat. Jumlah dan kepadatan induk jantan dan betina yang disebarkan sama dengan sistem satu kolam.

3. Sistem Platform

Pada sistem ini, kolam dibagi dalam 4 bagian, yaitu kolam pertama sebagai tempat induk jantan dan induk betina bertemu atau tempat pemijahan. Kolam kedua sebagai tempat induk betina yang disekat oleh kisi atau kerai bambu dengan ukuran lubang-lubang sebesar badan induk betina sehingga hanya induk betina yang dapat lolos ke kolam kedua ini. Kolam ketiga merupakan tempat pelepasan larva dan kolam yang keempat adalah tempat pendederan awal untuk burayak. Persiapan media dan jumlah induk yang dilepas sama dengan sistem yang pertama.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.