Kolam Budidaya Gurame Perlu Penyiponan

Hal yang cukup penting dan wajib di lakukan terutama pada pembudidaya yang menggunakan kolam terpal. Penyiponan adalah membersihkan kotoran yang ada di dasar kolam. Untuk ikan gurame, nila, ikan mas tindakan penyiponan wajib di lakukan demi menjaga kesehatan ikan. Penyiponan di lakukan secara berkala tidak setiap minggu.

Kolam Gurame perlu di sipon

Sipon alias Shift Pond merupakan tindakan untuk menyedot/membuang kotoran ikan dan sisa pakan serta kotoran lain yang terdapat di dasar kolam. Penyiponan ini wajib dilakukan oleh para pembudidaya gurame kolam terpal.

Pasalnya jika tidak dilakukan penyiponan, maka lama-kelamaan akan terjadi penumpukan kotoran gurame dan sisa pakan di dasar kolam terpal. Penumpukan ini kemudian akan meningkatkan kadar Amonia dan Nitrit yang bersifat racun.

Kolam yang teramat kotor dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti Amonia dan nitrit. Amonia dan nitrit dapat menyebabkan ikan menjadi lemas kemudidan tampak nafasnya seperti orang sesak nafas karena kekurangan oksigen dan ikan gurame lebih suka berada di permukaan air kolam.

Jika kondisi ini dibiarkan maka akan menimbulkan kematian masal gurame yang dibudidayakan di kolam terpal. Inilah mengapa penyiponan secara teratur mutlak dilakukan untuk meminimalkan konsentrasi Amonia dan Nitrit pada budidaya gurame di kolam terpal.

Lain halnya jika budidaya gurame dilakukan pada kolam tanah. Tindakan penyiponan ini tidak terlalu diperlukan mengingat kotoran gurame serta sisa pakan dapat langsung terurai.

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.