Kenapa Ikan Sakit

Usaha perikanan sama juga dengan usaha lainnya memiliki berbagai kendala dan resiko maka jangan kaget Kenapa Ikan Sakit. Sistem budidaya perikanan air tawar yang kini telah mencapai tahap intensifikasi tidak terlepas dari resiko biologis, terutama yang di sebabkan olah adanya gangguan hama dan penyakit ikan.

Kurang perawatan kolam ikan menjadi sakit

Parasit ikan pasti terdapat pada perairan yang ada ikannya, tetapi belum tentu menyebabkan ikan menderita sakit. Ikan sendiri sebenarnya memiliki kekebalan terhadap penyakit, selama dalam lingkungan yang baik dan kondisinya tidak di perlemah dengan berbagai sebab. Namun lingkungan yang baik dan terawat pun belum tentu menjadikan ikan terhindar dari penyakit ikan kalau tidak di imbangi dengan perawatan pada ikan itu sendiri. Beberapa hal yang biasanya membuat kondisi tubuh ikan melemah antara lain:

  • Cara perawatan yang buruk sehingga ikan menjadi stres.
  • Pemberian pakan yang tidak mencukupi atau malah terlalu banyak(over)
  • Komposisi pakan yang bukan makanan pada ikan.

 

Kegiatan manusia sangat berpengaruh besar terhadap kesehatan organisme air, misal nya kegiatan industri yang menghasilkan limbah (polutan) dapat mencemari air sehingga menggangu kehidupan ikan dan bisa menyebabkan penyakit ikan. Selain itu budidaya ikan yang di lakukan secara intensif dengan ciri padat penebaran sangat tinggi akan memberikan dampak yang kurang baik karena ikan mudah menderita penyakit stres yang menyebabkan daya tahan tubuhnya melemah dan rawan terserang penyakit ikan.

Pemupukan kolam serta pemberian pakan butan seringkali juga menyebabkan terjadinya perubahan kondisi lingkungan yang memungkinkan timbulnya berbagai masalah hama dan penyakit ikan. Selain beberapa penyebab yang telah di sebutkan penyakit juga dapat berkembang pada atau di dalam tubuh ikan sebagai akibat dari cara perawatan yang buruk, bahkan pakan yang busuk dan mengandung racun , cara pengangkutan yang kurang, serta timbulnya epidemi dari suatu  penyakit.

Demikian sedikit ulasan mengenai penyebab kenapa ikan sakit pada pembahasan selanjutan akan kami rangkum semua jenis penyakit dan perawatan ikan, semoga bisa bermanfaat bagi rekan-rekan yang bergelut di perikanan .

Bagikan Artikel Ini Ke Teman Anda.

Facebook Twitter Google+

Tentang Penulis

Penulis banyudadi
Diposkan oleh :

Banyudadi adalah penyedia dan penyalur benih ikan air tawar, seperti: Gurame, Lele, Nila, Bawal, Patin, Ikan mas, Graskap, Tawes, Nilem, Gabus dan juga beberapa jenis ikan hias seperti: Koi, cupang, Komet, dll yang dihasilkan dari produksi para kelompok-kelompok petani perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan Prop. DI. Yogyakarta maupun Dinas Perikanan se-Kab. di DI. Yogyakarta.

Baca Juga Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.